Pemilihan Serasa Pemilu, RT se-Kelurahan Bintan Masih di Dominasi Wajah Lama

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)–Euphoria pesta demokrasi layaknya pemilu telah dirasakan warga Kelurahan Bintan Kecamatan Dumai Kota pada proses pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) priode 2023 – 2028.

Panitia pelaksana telah mendesain pemilihan layaknya seperti pemilu dengan tampilan berbeda supaya warga di lingkungan RT setempat dapat berpartisipasi langsung dalam menentukan calon pemimpin di lingkungannya guna mengatur roda pemerintahan paling dasar di negeri ini.

Kongkowkuy

Alhasil, pemilihan Ketua RT disambut antusias oleh seluruh lapisan masyarakat di lingkungan kelurahan Bintan yang terdiri 18 RT tersebut.

Ketua Panitia Zulkifli sekaligus Ketua LPMK Bintan mengucapkan alhamdulillah Proses pemilihan Ketua RT di 18 RT sekelurahan Bintan sudah selesai pada Senin 04 September 2023 kemarin.Semua berjalan dengan lancar dan aman ,walaupun sedikit menegangkan saat pemilihan berlangsung.

Setakat ini ketua RT dikelurahan Bintan masih didominasi Wajah lama walaupun dibeberapa RT melalui tahap pemilihan bukan aklamasi , hanya satu RT yang diduduki wajah baru yakni RT 03 Gg Linggasari.

Diterangkan Zul, tahap pemilihan ketua RT dikelurahan Bintan telah berjalan sejak 23 Juli, untuk tahap awal panitia mengumumkan persyaratan menjadi calon ketua Rukun Tetangga. Jadi bagi warga yang berminat dapat menyerahkan berkas terhitung 1 – 10 Agustus dikantor kelurahan.

Dari tenggang waktu tersebut, 13 RT dinyatakan terpilih secara Aklamasi dikarenakan tidak ada bakal calon baru yang maju atau mendaftar sedangkan 5 RT dilakukan pemilihan.

Tiga belas RT yang terpilih secara aklamasi diantaranya RT 01 ,RT 02 ,RT 04 ,RT 05 ,RT 07, RT 09 ,RT 10,RT 11,RT 12 ,RT 13 ,RT 14 RT 16 dan RT 17. Sedangkan RT yang bertarung memperebutkan suara warga yakni RT 03 Linggasari ,RT 06 Wahidin ,RT 08 Gg Kuini ,RT 15 Gg Durian dan RT 18 Lepin.

Dikatakan Zul dalam pemilihan RT kami (panitia) membuat suasana layaknya Pemilu karena kami menyediakan bilik suara ,surat suara dengan memampang foto calon , kotak suara dan petugas TPS. Hebatnya lagi Camat Dumai Kota ,Lurah Bintan ,Babinsa ,Babinkamtibmas dan pihak lainnya selalu hadir menyaksikan proses pemilihan hingga selesai. ” Mari kita jaga terus kekompakan ini.”

Zulkifli berharap dengan terpilih nya kembali RT lama dapat menjalankan tugas secara amanah, dapat membangun komunikasi yang baik tetap kompak, dapat menggerakkan partisipasi swadaya masyarakat untuk membangun lingkungan.Semoga semakin meningkatkan peran serta masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan.

Disamping itu Zul mengingatkan agar RT melengkapi administrasi kependudukan.Ini sangat penting ketika adanya proses pendataan RT sudah siap.Kemudian gotong royong ditingkatkan lagi masing masing RT dengan melibatkan kelurahan kalau bisa dua kali dalam sebulan. Dan terakhir zul meminta RT dalam pendataan warga tidak mampu, janda lansia , duda dapat lebih akurat dan adil.

Sementara Lurah Bintan Dedek Zoelkarnaen Aris, S.T. dalam sambutannya berharap siapapun Ketua RT yang terpilih dapat mengayomi masyarakat apapun permasalahan yang terjadi , kita jaga kekompakan , jalin komunikasi yang baik , jaga kebersihan lingkungan dan sebagainya mengingat jabatan RT untuk 5 tahun kedepan.(rio)