Meriahkan Hari Olahraga Nasional ke 40, Disparbudpora Gelar Perlombaan Olahraga Tradisional

BENGKALIS (DUMAIPOSNEWS.COM) – Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis, mengambil momentum peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 40 Tahun 2023, dengan menggelar Perlombaan Olahraga Tradisonal selama dua hari berturut-turut .

Berbagai perlombaan tersebut dipusatkan di Lapangan Pasir Andam Dewi Bengkalis, mulai Sabtu-Ahad, 16-17 September 2023. Acara dibuka Wakil Bupati Bengkalis Dr H Bagus Santoso.

Kongkowkuy

Dalam sambutannya, Bagus Santoso menyampaikan, bahwa momentum Haornas yang diperingati tanggal 9 September setiap tahun, diharapkan dapat menjadikannya sebagai pemantik seluruh insan olahraga dan juga pemuda Kabupaten Bengkalis untuk bersama-sama membangun masa depan yang lebih sehat dan gemilang, melalui semangat persatuan, kesehatan dan prestasi olahraga.
“Kami optimis, apa yang kita laksanakan ini, merupakan wujud komitmen semua pihak dalam mendukung bangkitnya keolahragaan nasional dan juga tumbuhnya ekonomi serta produktivitas masyarakat,” ungkap Wabup Bagus Santoso.

Bagus juga meyakini, jika pembinaan olahraga dilakukan secara serius, terorganisir, dan profesional, maka olahraga akan ikut berkonstribusi dalam pembangunan yang lebih luas, yakni terwujudnya masyarakat yang bugar, unggul dan berprestasi.

Di kesempatan yang sama, Kadis Parbudpora, Edi Sakura menjelaskan, perlombaan olahraga tradisonal salah satu tujuannya adalah untuk melestarikan dan meningkatkan olahraga tradisional dikalangan masyarakat terkhusus di tingkat pelajar, serta meningkatkan kesehatan kebugaran masyarakat.
Dalam kegiatan ini, sambungnya, ada 5 cabang yang diperlombakan, yakni terompa panjang, engrang dan layang layang wow dan perahu kayar yang diikuti pelajar SD, SMP, dan SMA dan umum.

“Total peserta dari tingkat SD sebanyak 43 siswa, SMP sebanyak 16 siswa dan SMA sebanyak 12 siswa, sedangkan untuk lomba perahu layar diikuti sebanyak 27 regu,” papar Edi Sakura.

Ikut mendampingi Wabup dalam kegiatan ini, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas serta Fungsional di lingkungan Pemkab Bengkalis. (auf)