Kehadiran Gubri Disambut Ribuan Santri Ponpes Bidayatul Hidayah

UJUNGTANJUNG (DUMAIPOSNEWS.COM) – Usai melakusanakan kunjungan dari kecamatan Bagan Sinembah l, Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar Msi kembali melanjutkan kunjungan kerjanya ke kecamatan lainnya di Kabupaten Rokan Hilir.

Dan kali ini, Gubri berkesempatan menyambangi pondok pesantren Bidayatul Hidayah (BHD) yang terletak di Simpang Benar, Kecamatan Tanah Putih pada Selasa (05/09) siang.

Kongkowkuy

Kehadiran orang nomor satu di Provinsi Riau itu disambut antusias oleh ribuan santri dan santriwati. Agenda ini sekaligus menjadi wadah mempererat ikatan silaturahmi Gubri Syamsuar bersama pengurus dan warga ponpes.

Dari pantauan, santri dan satriwati ponpes Bidayatul Hidayah Rohil sangat senang menyambut kedatangan Gubri Syamsuar. Terlihat, Gubernur Syamsuar di arak warga ponpes menuju panggung utama dengan sangat meriah.

Dikatakan Gubri Syamsuar, pada tahun 2021 silam dirinya telah pernah berkunjung ke ponpes tersebut. Namun karna ada pandemi COVID-19 pertemuan itu terbatas tidak seperti saat ini. Sehingga, dia terharu melihat banyaknya santri dan satriwati yang berkumpul di lapangan.

“Memang kami beberapa waktu lalu telah pernah berkunjung di sini. Tetapi saat itu pandemi Covid-19 jadinya tak sebanyak inilah para santri dan santriwati bisa berkumpulnya. Bersyukur kami dapat bisa kembali bersilahturahmi dengan pondok pesantren bidayatul hidayah, Simpang benar Kabupaten Rokan Hilir. Antusiasnya disini luar biasa,” katanya.

Gubernur Syamsuar juga menerangkan, pondok pesantren Biyatul Hidayah Rohil akan menjadi tuan rumah peringatan hari santri tingkat provinsi Riau. Kegiatan itu akan berlangsung pada 22 Oktober 2023 nanti.

“Insha Allah juga pesantren ini akan menjadi tuan rumah hari santri pada peringatan hari santri tingkat provinsi Riau 22 Oktober 2023 nanti,” terangnya.

Dijelaskan, selama masa kepimpinannya perkembangan ponpes di seluruh provinsi Riau sangat meningkat drastis. Pada awal dia mejabat, jumlah pondok pesantren di bumi lancang kuning hanya terdapat 276. Namun, saat ini pertumbuhan ponpes ada sebanyak 451.

“Alhamdulillah dalam periode kepemimpinan kami, pertumbuhan pondok pesantren sudah mencapai 451, yang mana diawal saya bertugas hanya berjumlah 276. Hal ini membuktikan bahwa semangat dan minat anak Riau untuk menimba ilmu di pesantren sangatlah tinggi,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Gubri Syamsuar juga memberikan berbagai macam bibit pohon untuk menambah kawasan penghijauan dan pendukung ekonomi di pondok pesantren.

“Kami tahu juga di sini ada area yang begitu luas dan saya juga sudah dapat informasi banyak inovasi yang dibuatnya. Termasuk juga membuat penghijauan di wilayah pondok. Karena itu kami bawa bermacam tanaman yang Insyaallah akan ditanam di sini, ada 350 bibit yang diharapkan nanti bisa menjadi sumber ekonomi pondok pesantren,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Syamsuar berharap tempat pendidikan agama di Provinsi Riau dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya. Sehingga, ilmu-ilmu keislaman tetap terus terjaga dan mempunyai generasi penerus yang juga berwawasan kebangsaan.

“Mudah-mudahan dengan ridho Allah dapat memberikan keberkahan dan rahmatnya sehingga ini dapat menjadi sumber ekonomi pondok pesantren. Saya berharap juga, selain kuantitas bertambah, semoga kualitas ponpes di Riau juga semakin baik. Dan negeri kita kedepannya mempunyai generasi yang paham ilmu agama serta berwawasan kebangsaan.” pungkasnya. (min)