DPRD Dumai Gelar Rapat Paripurna Penutupan Masa Persidangan ke – III

DUMAI (DUMAIPOSNEWS.COM) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penutupan Masa Persidangan Ke-III (Mei – Agustus) Tahun 2023 sekaligus Pembukaan Masa Persidangan Ke – I (September- Desember) Tahun 2023 di Gedung DPRD Kota Dumai, Senin (4/9).

Rapat Paripurna dibuka dan dipimpin wakil ketua DPRD Dumai Mawardi didampingi Wakil Ketua, Bahari.

Kongkowkuy

Hadir pada kesempatan tersebut walikota Dumai H. Paisal, didampingingi Kepala OPD dilingkungan Pemko Dumai, Forkopimda, anggota DPRD Dumai dan undangan lainnya.

Pimpinan Sidang, Mawardi dalam sambutannya mengatakan, rapat paripurna hari ini dengan agenda Penutupan Masa Persidangan ke-III (Mei – Agustus) Tahun 2023 dan Pembukaan Masa Persidangan Ke – I (September – Desember) Tahun 2023 sekaligus penyerahan hasil Reses dan Kunjungan Kerja masing-masing Komisi DPRD Kota Dumai.

Dijelaskannya, berdasarkan ketentuan Pasal 130 Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Dumai Nomor 01 tahun 2019 tentang Tata Tertib DPRD, yang menyebutkan bahwa tahun sidang dimulai pada saat pengucapan sumpah / janji dan tahun sidang DPRD dikelompokkan atas tiga Masa Sidang yaitu Persidangan Pertama (September-Desember) Kedua (Januari-April) dan Ketiga (Mei-Agustus).

Untuk Masa Persidangan ke-III (Mei-Agustus) Tahun 2023, anggota DPRD melaksanakan kegiatan-kegiatan sebagai berikut, Rapat-Rapat Paripurna dilaksanakan sebanyak 16 kali, rapat Komisi I,II dan III sebanyak 68 kali, rapat Pansus sebanyak 9 kali, rapat Banmus sebanyak 4 kali, rapat Bapemperda sebanyak 5 kali.

Jumlah surat masuk sebanyak 82 surat, surat keluar sebanyak 201 surat. Keputusan DPRD yang dihasilkan pada Masa Sidang ke III ( Mei-Agustus) sebanyak 17 Keputusan, Keputusan Pimpinan sebanyak 1 Keputusan, Keputusan Sekretaris DPRD sebanyak 6 Keputusan. Berita Acara sebanyak 9.

Lanjut Mawardi, Masa Persidangan Pertama (September-Desember) Tahun 2023 anggota DPRD Kota Dumai akan melaksanakan kegiatan-kegiatan antara lain, Rapat Paripurna Panitia Khusus, Rapat Paripurna Badan Anggaran, Kegiatan Reses, Kegiatan Kunjungan Kerja anggota DPRD Kota Dumai dan Rapat Dengar Pendapat/Rapat Komisi

Paripurna ditutup dengan penyerahan laporan hasil kegiatan Reses DPRD Kota Dumai masa sidang III dan penyerahan laporan hasil kunjungan kerja Komisi-komisi Masa Persidang III (Mei-Agustus) 2023 yang dirangkum berdasarkan fraksi dari masing – masing anggota DPRD.

“Sebelum rapat paripurna hari ini kami tutup perkenankanlah kami sekali lagi atas nama pimpinan dan segenap anggota dewan mengucapkan terima kasih kepada Walikota Dumai dan undangan yang hadir dan mengikuti jalannya rapat paripurna dewan hari ini.” Pungkasnya.

Sementara, Walikota Dumai H. Paisal mengucapkan tahniah dan selamat atas kegiatan Reses yang sudah berlangsung di daerah pemilihan masing-masing.

“Masa Reses yang sudah dilaksanakan tersebut tentu saja merupakan sarana tepat menjaring aspirasi serta dapat pula kami jadikan spirit dalam mensukseskan visi dan misi pemerintah daerah dalam mewujudkan Dumai kota Idaman,” kata wako.

Kami, seluruh jajaran pemerintah kota Dumai, mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada pimpinan dan seluruh anggota Dewan yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. mencurahkan tenaga, waktu, fikiran, utamanya dalam menjalankan rangkaian sidang yang telah berlalu pada masa sidang ke III periode Mei-Agustus tahun 2023.

Adapun terkait pembukaan masa persidangan ke-I periode September-Sesember 2023, tentulah nantinya akan disampaikan pula rencana kegiatan DPRD dalam kurun waktu 4 bulan kedepan serta menginformasikan perkembangan terkait pelaksanaan tugas-tugas DPRD lainnya.

Badan Musyawarah DPRD telah menetapkan kegiatan-kegiatan dimaksud antara lain, pembahasan Ranperda yang telah diprogramkan dalam Propemperda, Rapat Paripurna terkait pembahasan APBD tahun anggaran 2024.

Kegiatan Reses dan kunjugan kerja serta menuntaskan seluruh Ranperda inisiatif yang dibahas pada tahun ini.

“Untuk itulah, pemerintah kota Dumai mengucapkan selamat berkerja kepada seluruh anggota DPRD kota Dumai dalam masa sidang ke- I ini. Kami sangat yakin tuan-tuan yang terhormat mampu mengemban amanah masyarakat secara keseluruhan.” Pungkasnya. (inf/wan)