BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Kemudahan Layanan Jadi Prioritas

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)- Hari pelanggan nasional yang diperingati setiap tanggal 4 September selalu menjadi momentum khusus bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk mempererat hubungan dengan para peserta. Kali ini dengan mengusung tema ”Kemudahan Layanan, Prioritas Kami”, BPJS Ketenagakerjaan kian menegaskan komitmennya dalam memberikan layanan yang modern dan mudah diakses oleh seluruh peserta.

Di hari yang spesial tersebut Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo turun langsung ke Kantor Cabang Bandar Lampung untuk menyapa dan melayani peserta, sekaligus memastikan seluruhnya telah merasakan kemudahan layanan yang diberikan BPJS ketenagakerjaan.

Kongkowkuy

“Pertama-tama saya mengucapkan selamat hari pelanggan nasional kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hari ini kami hadir lebih dekat dengan para peserta untuk memastikan bahwa mereka benar-benar bisa merasakan kemudahan layanan yang kami berikan. Selain itu kami juga ingin mendengar masukan dari peserta agar kedepan layanan BPJS Ketenagakerjaan semakin sempurna dan sesuai kebutuhan mereka,” ujar Anggoro.

Dalam kesempatan tersebut Anggoro menjelaskan bahwa untuk menjawab kebutuhan para peserta terkait layanan informasi, pendaftaran dan pembayaran iuran, hingga klaim manfaat, BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan simplifikasi dan optimalisasi layanan fisik dan digital.

Lebih lengkap pihaknya menyebut, saat ini seluruh kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan hadir dengan konsep ruang layanan baru yang lebih nyaman dan hangat, serta ramah disabilitas. Selain itu di sektor digital BPJS Ketenagakerjaan telah memiliki kanal Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) dan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang kini menjadi favorit para peserta karena memiliki berbagai macam fitur yang dapat diakses kapan dan di mana saja.

“Hingga semester I tahun 2023 kami telah membayarkan 2 juta klaim dengan nilai manfaat mencapai Rp25,5 triliun. Jumlah klaim tersebut meningkat 16 persen dari tahun sebelumnya, dan untuk nominal pembayaran manfaat meningkat 3 persen. Secara keseluruhan succes rate klaim kami juga mencapai 99,88 persen, hal ini membuktikan bahwa peserta kian mudah mengakses layanan BPJS Ketenagakerjaan,”imbuh Anggoro.

Sementara Kantor Cabang Dumai melaksanakan kegiatan hari pelanggan yang dibuka Kepala Kantor Cabang Dumai Legi Handoko Pasaribu yang dilanjutkan dengan kegiatan layanan klaim langsung oleh Kepala Kantor kepada peserta yang mengajukan klaim di Kantor Cabang Dumai.

”Tidak hanya melayani peserta yang datang, guna memeriahkan Hari Pelanggan kita juga menggelar mini kuis kepada pelanggan terkait pelayanan dan produk BPJS Ketenagakerjaan dan bagi peserta yang berhasil menjawab diberikan sovenir menarik,” ujar Legi.

Tidak hanya itu, di momen spesial tersebut, BPJS Cabang Dumai juga memberikan souvenir kepada peserta yang berulang tahun pada tanggal 4 September 2023. ”Peserta yang berulang tahun di hari pelanggan yang beruntung tersebut bernama Rosmauli Sianipar,” sebut Legi.

Kemudian kegiatan hari pelanggan dilanjutkan ke RSUD Dumai. Kunjungan ini dilakukan untuk membesuk peserta yang kecelakaan kerja dan sekaligus beraudiensi bersama pihak RSUD Dumai.
Selanjutnya kegiatan dilanjutkan ke Universitas Dumai (dulu bernama STMIK Dumai) untuk menyerahkan klaim simbolis kepada ahli waris tenaga kerja atas nama Drs H Marlis Alamsa serta beraudiensi kepada pihak Universitas Dumai.(rio)