Antisipasi Banjir di Geniot, PT SGP Datangkan Excavator Bantu Pencucian Kanal

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Memasuki musim penghujan seperti saat ini tentu saja membuat debit air di kanal maupun sungai meninggi, tak heran terkadang menimbulkan banjir hingga kepemukiman warga, hal ini yang kerap terjadi di Kelurahan geniot Kecamatan Sungai Sembilan khususnya di dua RT yakni RT 04 dan RT 05.

Atas keluh kesah masyarakat ini, berdasarkan hasil rapat beberapa waktu lalu yang dipimpin Sekdako Dumai, H Indra Gunawan, pihak Perusahaan PT Suntara Gajapatih (SGP) bersedia melakukan pencucian kanal dilokasi tersebut.

Kongkowkuy

PT SGP melakukan bantuan pencucian kanal penanggulangan banjir disekitar RT 04 dan RT 05 Kelurahan Geniot, Kamis 31 agustus pekan lalu, hal ini disampaikan Humas PT SGP, Ikhsan kepada Dumai Pos awal pekan ini.

”Sesuai komitmen kami, kami membantu pencucian kanal penanggulangan banjir disekitar RT 04 dan RT 05 Kelurahan Geniot, lebih kurang sepanjang 6 KM kanal menuju Sungai Bulu Hala yang dilakukan pencucian,”ujar Ikhsan.

Untuk Pencucian kanal tersebut, perusahaan menurunkan satu unit alat berat excavator semi long’am yang saat ini proses pencucian juga sedang berjalan, proses pencucian juga diawasi langsung oleh Ketua 04, Bakti dan RT 05, Takim dan untuk memaksimalkan pengerjaan, dalam waktu dekat perusahaan akan menambah satu unit alat berat lagi excavator yang ukuran standar,

”Semoga bantuan ini bisa mengatasi banjir di pemukiman warga sekitar RT 04 dan RT 05 yang kerap terjadi setiap tahunnya, dan pencucian kanal ini akan menjadi bantuan rutin perusahaan,”ucap Ikhsan.

Sementara itu secara terpisah, Lurah Geniot, Abdul Hafiz memberikan apresiasi kepada PT SGP dengan terealisasinya pencucian kanal tersebut,

” Memang betul saat musim penghujan khususnya di RT 04 dan RT 05 Kelurahan Geniot kerap terjadi banjir, saat rapat bersama Pemko Dumai dan beberapa pihak termasuk perusahaan, kami sampaikan keluhan ini dan pihak PT SGP bersedia memberikan bantuan untuk pencucian kanal sebagai jalan untuk menanggulangi banjir yang kerap terjadi,”ujar Abdul Hafiz.

Tentu saja pihak Kelurahan bersama masyarakat, kata Hafiz, mengharapkan pencucian kanal yang dibantu perusahaan ini akan menjadi agenda rutin seperti yang disampaikan perusahaan agar saat musim penghujan seperti ini sehingga banjir tidak lagi menggenangi dua RT tersebut. (rka)