DURI (DUMAIPOSNEWS.COM) — BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Duri menggelar edukasi sekaligus mengajak masyarakat khususnya warga disabilitas, menjadi Agen Perisai (Penggerak Jaminan Sosial), agar semakin banyak pekerja informal menjadi peserta Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Agen Perisai adalah agen yang bertugas mengedukasi, mensosialisasi, serta memberikan pemahaman tentang program BPJAMSOSTEK kepada masyarakat umum di desa atau kelurahan untuk memperluas cakupan kepesertaan pekerja informal dan pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kongkowkuy

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Duri, Alfani Fitra Jaya mengajak tenaga disabilitas yang merupakan alumni dari sejumlah Sekolah Luar Biasa (SLB) di Duri, menjadi Agen Perisai yang akan dikembangkan ke komunitas dan organisasi lain.

“Tugas Agen Perisai melakukan sosialisasi sekaligus merekrut pekerja informal menjadi peserta program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT). Agen Perisai juga bisa menerima pendaftaran dan melakukan pengelolaan kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan,” ungkapnya, Senin (4/9/2023).

Pihaknya mencatat sejumlah SLB yang dilibatkan sebagai peserta adalah SLB Aisyiyah Duri, SLB YHT Duri, SLB Cendana Duri, SLB Negeri, SLB Bumi Manggalo, dan Yayasan Mardhatillah

Dia menyebutkan keagenan Perisai merupakan upaya BPJAMSOSTEK meningkatkan kepesertaan untuk dapat melindungi semua pekerja informal (Bukan Penerima Upah/BPU), seperti pedagang kaki lima, pedagang via online, juru parkir, ojek, asisten rumah tangga, keamanan komplek dan sebagainya.

Alwani menambahkan Agen Perisai diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jaminan sosial sebagai jaring pengaman jika terjadi kecelakaan dan kematian pada pekerja, tak peduli apapun profesi yang sedang dijalani.(usa)