SMKN 1 Gelar Workshop Bersama Komite Sekolah

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dumai menyelenggarakan ‘Workshop Bersama Komite Sekolah Dalam Pengembangan Kerjasama Dengan Dunia Kerja’ pada Kamis (24/8) di Aula Putri Tujuh SMKN 1 Dumai. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala SMKN 1 Dumai, Drs Dian Dini yang dihadiri Pengawas SMK Setyo Sunarso SPd disertai penandatanganan MoU SMKN 1 Dumai dengan PHRI Kota Dumai.

Narasumber workshop antara lain Ketua Komite SMKN 1 Dumai yang juga Ketua PHRI Kota Dumai H Jamini Ishak, Sekretaris PHRI Yohanisti SE MM, Manager Citimall Dumai Fenrizal, Supervisor Citimall Marthin Marbun, peserta workshop dan Dewi Anggraini Owner Rumah Awie Jaet.

Kongkowkuy

Kepala SMK Negeri 1 Dumai, Drs Dian Dini menyampaikan sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai misi atau tujuan untuk menyiapkan tenaga kerja yang mampu mengisi lapangan kerja dan berkualitas profesional yang diharapkan mampu berperan sebagai alat unggulan bagi dunia usaha dan industri di Indonesia dalam menghadapi persaingan global. Agar lulusan SMK dapat meningkatkan kompetensi yang berkualitas maka dalam pelaksanaan proses pembelajaran seharusnya SMK dan Dunia Usaha Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) menjalin hubungan kerjasama agar penguasaan kemampuan belajar siswa didapatkan melalui kegiatan belajar di sekolah.

”Melalui workshop dan berbagai jalinan kerjasama dengan MoU pihak sekolah mempersiapkan lulusan yang tidak melanjutkan kejenjang pendidikan tinggi, sehingga lulusan lebih siap dalam masuk ke dalam dunia kerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki pada bidangnya masing-masing. Kita hadirkan komite sekolah agar pada kegiatan ini terjalin komunikasi dan relasi dengan DUDIKA dalam rangka pengembangan program kerjasama yang baik antara sekolah, komite dan DUDIKA,” ujar Dian Dini.

Sementara itu Ketua Komite SMKN 1 Dumai, H Jamini Ishak mengatakan komite sekolah sebagi mitra sekolah mendukung sepenuhnya terhadap kegiatan yang dilaksanakan SMKN 1 Dumai.

“Dengan adanya komunikasi yang baik antara sekolah dengan komite sekolah maka diharapkan hasil optimal pasti akan bisa dicapai,” tukas Jamini Ishak.

Ketua Panitia Pelaksana, Mailisri Hasibuan SPd yang juga Wakil Kurikulum SMKN 1 Dumai menyebut jumlah peserta Workshop Bersama Komite Sekolah Dalam Pengembangan Kerjasama Dengan Dunia Kerja tersebut sebanyak 30 guru SMKN 1 Dumai.

”Diharapkan pembekalan yang diberikan kepada guru-guru ini nantinya dapat menghasilkan lulusan SMK dengan kompetensi yang berkualitas. Serta diharapkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran SMK dan DUDIKA serta Komite Sekolah harus menjalin hubungan kerjasama yang baik,” pungkas Mailisri Hasibuan.(des)