Dijadikan Kampung Tangguh Anti Narkoba, Warga “Kampung Dalam” Ucapkan Terimakasih kepada Kapolres

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Inisiasi Polres Dumai menjadikan ‘Kampung Dalam” Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Kota sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba disambut Gembira warga setempat.

“Terimakasih kepada Kapolres Dumai pak Nurhadi yang telah menginisiasi wilayah kami sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba. Ini sudah lama kami tunggu,’ kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Laksmana, Ichsan Fredy.

Kongkowkuy

Fredy menyampaikan hal itu saat menyampaikan sambutan pada Peletakan Batu Pertama pembangunan Bantuan MCK Daerah Pesisir Sempena HUT Kemala Bhayangkari ke 43.

Hadir pada acara tersebut Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir bersama Kabag Ops, seluruh Kasat dan sejumlah Kapolsek dan Camat Dumai Kota bersama seluruh lurah se Kecamatan Dumai Kota.

Ichsan Fredy mengatakan upaya menekan peredaran narkotika di kelurahan Laksamana dilakukan secara masif mulai tahun 2017. Saat itu Polres Dumai dipimpin AKBP Donal Happy Ginting.

“Kawasan ini diproyeksikan jadi Kampung Wisata Pesisir. Sejumlah program dikucurkan. Mulai dari pengecatan rumah warga dengan berbagai warna, bantuan fasilitas UMKM hingga penataan kawasan,” terang Ichsan.

Meski sejak program itu diluncurkan, peredaran narkoba berangsur berkurang, sayangya tidak ada kelanjutannya.
Sejak Polres Dumai dijabat AKBP Nurhadi Ismanto, program tersebut dilanjutkan. Dengan pembenahan kawasan dan kegiatan-kegiatan pencegahan.

“Alhamdulillah saat ini jauh sekali menurunnya. Kalau pun ada, itu merupakan orang luar yang berjualan di sini,” kata Fredy.

Ucapan terimakasih juga dikemukakan Camat Dumai Kota Indra Syafawi. “Terima kasih untuk perhatian yang cukup tinggi di kelurahan Laksamana,” katanya.

Kata Insyaf, sapaan Indra Syafawi, Kapolres beserta istri bukan datangnya pada hari-hari ini saja. Sudah dimulai dari minggu-minggu awal menjadi Kapolres.

‘Minggu-minggu terakhir ini lebih intens. Ini menjadi semangat untuk berbenah bagi warga kami. Khususnya di kelurahan Laksamana,’ katanya.

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto mengemukakan, inisiassi Kampung Tangguh Anti Narkoba Gemar Bertasbih merupakan inovasi Kasat Narkoba Polres Dumai, AKP Mardiwel.

“Mudah-mudahan nantinya daerah ini jadi pelopor. Yang jelas kampung Tangguh ini diikutkan dalam inovasi Kemenpan RB,” ungkap Kapolres.

Upaya menekan peredaran narkoba, kata Kapolres, tidak cukup dengan melakukan penindakan. Juga harus diiringi dengan upaya-upaya pencegahan.

Pembinaan dilakukan dengan memberikan kemanfaatan. Tidak cukup dengan penyuluhan – penyuluhan. Melainkan dengan berkegiatan yang mempunyai nilai ekonomis. Dan kedepan daerah ini jadi kampung inovatif.

“Dengan dijadikannya kampung tangguh, kita jadikan kampung ini sebagai kampung seni, kampung wisata dan kampung beriman,” kata Kapolres.

Bersama warga dan dukungan Pemko Dumai, pihaknya akan mengaktifkan kegiatan mengaji bagi anak-anak dan remaja. Kegiatan ini sebagai benteng agar anak-anak dan remaja dari bahaya peredaran narkoba.

“Kita berikan wahana belajar seni dan ekonomi kreatif, kita bangun panggung kreasi dan kita maksimalkan pemberdayaan UMKM,” lanjut Kapolres.

Ia pun memuji kebersamaan dan semangat gotong royong warga Kelurahan Laksamana. Terkhusus dalam semangat dalam mewujudkan Kampung Tangguh Anti Narkoba.(amb)