Ratusan ABG Diduga Balap Liar Terjaring Razia Tim Gabungan

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)- Menanggapi keluhan masyarakat terkait aksi balap liar yang kerap meresahkan diakhir pekan, Polres Dumai bersama tim gabungan berhasil mengamankan ratusan remaja dan kendaraan roda dua, Sabtu (6/6) sekira pukul 23.00 WIB.

Maraknya kembali aksi balap liar yang dilakukan anak-anak dan remaja kerap berlangsung di seputaran Jalan HR Soebrantas. Sedikitnya dalam operasi itu Satlantas Polres Dumai bersama tim gabungan berhasil mengamankan 234 anak-anak beserta 161 kendaraan roda dua.

Kongkowkuy

“Kita bersama tim gabungan Polsek dan Pom AD melakukan penertiban kepada remaja dan pemuda yang meresahkan masyarakat dengan aksi balap liar yang harus ditanggapi secara cepat dan tepat,” ujar Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK, didampingi Kasat Lantas Polres Dumai AKP Agustinus Chandra Pietama SIK Ahad (7/6).

Dijelaskannya, untuk para remaja dan anak-anak itu beserta kendaraannya di bawa ke Polres Dumai untuk dilakukan penindakan dan pembinaan. Namun sebelumnya bagi mereka dilakukan pengecekan suhu badan oleh dokkes polres kemudian diberikan himbauan dan pembinaan yang disampaikan oleh Kapolres Dumai.

“Mereka diberi sanksi tilang balap liar, kelengkapan dan penahanan barang bukti berupa kendaraan bermotor. Sedangkan bagi para penonton yang ikut meramaikan juga diberikan sanksi tilang kelengkapan kendaraan yang memang seluruhnya tidak lengkap sesuai dengan standar layak jalan bagi kendaraan bermotor. Setelah anak-anak diberikan sanksi tilang, mereka diwajibkan dijemput oleh orang tua mereka ke Polres untuk diberikan pembinaan terhadap orangtua mereka dan membuat surat pernyataan,” sebutnya.

Kegiatan berakhir Ahad pagi sekira pukul 06.00 WIB. Setelah ini diharapkan tidak terjadi lagi kegiatan yang sama baik di lokasi tersebut ataupun di lokasi yang lain. “Diharapkan peran serta yang lebih dari seluruh orang tua untuk dapat mengawasi anak-anaknya dari aksi kenakalan remaja mengingat saat ini sekolah masih libur, sehingga banyak anak-anak yang merasa bebas setiap harinya,” paparnya.

Selain itu lanjutnya menjelaskan, Polres Dumai bersama dengan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 setiap saat sudah melakukan himbauan kepada masyarakat Kota Dumai untuk mengurangi aktifitas di luar rumah terutama saat malam hari serta diwajibkan menggunakan masker. Diharapkan seluruh masyarakat dapat mengikuti protokol kesehatan tersebut untuk kepentingan bersama Kota Dumai.(ras)

Editor : Bambang Rio