Pengendara Cemas, Pohon di Jalan Soeta Rawan Tumbang

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Pohon besar, tinggi dan berusia tua dikeluhkan warga dan para pengendara yang melintas di Jalan Soekarno-Hatta (Soeta), Kecamatan Bukit Kapur.

Mereka khawatir jika kembali terjadi hujan lebat disertai angin kencang, puluhan pohon di pingir jalan yang umurnya sudah tua itu akan ambruk menimpa para pengendara dan mengganggu arus lalu lintas.

Kongkowkuy

“Was-was kalau pas cuaca ekstrim. Khawatir pohon-pohon pinggir jalan tumbang,” ucap Suranto salah seorang pengendara motor kepada Dumai Pos, Senin (8/6).

Dia menyebut, di sepanjang jalan Soekarno -Hatta itu banyak pohon-pohon besar yang sudah tua. Sebagian diantaranya rawan tumbang. Hal itu terlihat dari kondisi pohon yang mengalami keropos dan lapuk pada sebagian besar batangnya.

Yandi warga lainnya menuturkan, saat cuaca ekstrim saat hujan lebat dan angin kencang keberadaan pohon di tepi jalan tak lagi memberi kenyamanan pada pengendara. Malah sebaliknya, dia kerap dilanda cemas melintasi pepohonan saat hujan angin melanda.

“Sepulang kerja, saya pernah kejatuhan ranting pohon saat bawa motor. Kagetnya bukan main, hampir jatuh. Untung cuma ranting,” ucap dia.

Dia mengakui pohon-pohon itu sangat berguna menjadi peneduh ketika musim kemarau. Namun tetap harus memperhatikan keselamatan warga.

Karenanya dia berharap agar pohon-pohon tua dan besar yang ada di pinggir jalan harus diremajakan, diganti dengan pohon muda dan tidak memiliki ukuran besar.(rmd)

Editor : Bambang Rio