Dumai Masih Tanggap Darurat, Masyarakat Harus Disiplin

DUMAI(DUMAIPOSNEWS) – Beberapa hari ini, RSUD Kota Dumai, tidak ada lagi merawat pasien Positif Covid-19. Namun hal tersebut, jangan sampai membuat masyarakat terlena dan larut dalam euforia.

Walikota Dumai, Zulkifli As, sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 kota Dumai mengadakan rapat bersama Ketua DPRD Kota Dumai, Agus Purwanto, Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudhistira, Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Irdhan, dan Kemenag Dumai guna membahas Protokol Kesehatan Menuju Tatanan Hidup Baru atau menuju fase New Normal.

Kongkowkuy

Kegiatan ini juga diikuti Kepala OPD terkait, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kota Dumai, yang dipusatkan di Pendopo, Sabtu (6/6).

Zulkifli As mengaku, banyak hal yang dibahas pada rapat tersebut khususnya tentang penerapan protokol kesehatan diberbagai bidang seperti di rumah Ibadah, restoran, mall, kegiatan olahraga dan sosial kebudayaan, transportasi udara, darat, laut lintas provinsi dan lainnya.

“Secara khusus saya meminta agar semua pihak tetap mensosialisasikan protokol kesehatan seperti menggunakan pakai masker, selalu mencuci tangan, dan jaga jarak dan selalu meningkatkan kedisiplinan,” imbuhnya.

Dirinya menerangkan, di fase menuju new normal ini sangat memerlukan adaptasi tatanan kehidupan yang baru. Namun disisi lain, juga harus menjaga produktivitas. Artinya, Walaupun covid-19 belum berakhir, dengan menerapkan protokol kesehatan yang disiplin, diharapkan aman dan bisa terhindar dari virus tersebut.

Ia berharap kepada semua elemen agar terus mendukung imbauan Pemerintah serta menyampaikannya kepada masyarakat, hal ini demi menyelamatkan warga di Kota Dumai.

“Saat ini Kota Dumai masih tahap transisi dengan status masih tanggap darurat, kita masih berada di zona kuning. Namun, Hal tersebut bisa saja kembali naik ke zona merah ataupun turun menjadi zona hijau. Semua tergantung tingkat kedisiplinan kita dalam menerapkan protokol kesehatan yang ada,” sebutnya.

Diakuinya, jika tingkat kedisiplinan masyarakat dan semua elemen tinggi, ia yakin Dumai akan menjadi Zona Hijau, namun jika kedisiplinan masyarakat lemah, bisa jadi Dumai akan kembali ke Zona Merah.

“Jadi kalau kita mau cepat ke New Normal, tergantung Tingkat kedisiplinan kita Semua, mari bekerjasama menuju New Normal,” pungkasnya.(wan)

Editor: Bambang Rio