Jargas PGN Fokus Dua Kecamatan di Dumai

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat ini tengah membangun jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di Kota Dumai. Setelah tahun lalu di Kecamatan Dumai Kota, Tahun ini dilanjutkan di Kecamatan Dumai Timur.

“Alhamdulillah sebagai uji coba, tahun lalu Dumai mendapatkan alokasi 100 sambungan di Kecamatan Dumai Kota. Masing-masing di Kelurahan Bintan sebanyak 50 sambungan dan Sukajadi sebanyak 50 sambungan. Tahun ini dan tahun depan terus digulirkan sebagai upaya mewujudkan program diversifikasi energi berupa jaringan gas bumi untuk rumah tangga melalui pipa,” ujar Walikota Dumai H Zulkifli AS saat meninjau stand Perusahaan Gas Negara di arena Dumai Expo, Sabtu (31/08) malam.

Kongkowkuy

PGN membuka stand di Dumai Expo Tahun 2019 yang digelar di Taman Bukit Gelanggang Jalan HR Subrantas Dumai. Keikutsertaan PGN, selain memberikan informasi tentang gas bumi, para pengunjung pameran bisa mendapatkan informasi terkait manfaat dan apa saja keuntungan menggunakan gas bumi khususnya rumah tangga.

Untuk tahu 2019 ini, sedang dikerjakan pembangunan jaringan di Kelurahan Jayamukti Kecanamatan Dumai Timur sebanyak 3.810 sambungan. Saat yang sama juga tengah dikerjakan sebanyak 1.000 sambungan di Kelurahan Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur. “Informasi yang kami terima dari pelaksana kegiatan, realisasinya sudah 60 persen,” papar Walikota.

Pada tahun 2020 mendatang, Dumai kembali mendapatkan alokasi sebanyak 5 ribu sambungan. Masing-masing Kelurahan Teluk Binjai sebanyak 1.500 sambungan, Tanju Palas sebanyak 800 sambungan, Buluh Kasap 1.500 sambungan, Bukit Batrem 700 sambungan dan Dumai Kota sebanyak 500 sambungan.

“Dumai termasuk salah satu kota prioritas pembangunan jaringan gas rumah tangga. Pada tahun-tahun mendatang terus dikembangkan di seluruh kecamatan. Untuk sementara kita fokus ke wilayah yang padat yaitu Dumai Kota dan Dumai Timur,” pungkas walikota.

Peninjauan Walikota Dumai di stand PGN di arena Dumai Expo disambut langsung Sales Area Head PGN Pekanbaru – Dumai, Arif Rachman. Pada kesempatan tersebut, Arif Rachman mempertegas pemanfaatan gas bumi yang semakin merata di berbagai wilayah di Indonesia. Perluasan penyebaran gas bumi sebagai energi pilihan terbaik bagi masyarakat itu, kini telah sampai ke Dumai.

“Keikut sertaan kami (PGN) dalam kegiatan Dumai Expo ingin mensosialisasikan kepada masyatakat manfaat gas bumi. Sebagai mana kita ketahui bahwa penyebaran gas bumi sebagai energi pilihan yang baik bagi masyarakat pun telah sampai ke Dumai.” Kata Arif

Arif juga menjelaskan tentang manfaat gas bumi sebagai salah satu upaya pemerintah mengurangi subsidi elpiji, dimana dengan menggunakan gas bumi sebagai kebutuhan dapur akan banyak kelebihan yang didapat seperti lebih aman dan lebih murah. (amb)

Editor : Bambang Rio