Warga Desak Pemkab Segera Lakukan Perbaikan Jembatan Sotol-Tambak

DUMAIPOSNEWS.COM, PELALAWAN – Meski menjadi kecamatan yang memiliki skala prioritas pembangunan oleh Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan, namun pembangunan jembatan di Desa Tambak kecamatan Langgam, masih belum tersentuh pembangunan atau perbaikan dan kondisinya kian memprihatinkan.

Pasalnya, bertahun – tahun warga desa sotol dan desa tambak mengeluhkan kondisi jembatan penghubung kedua desa berkontruksi kayu beralas papan yang rusak parah dan nyaris ambruk ini, namun hingga saat ini Pemkab Pelalawan melalui OPD dan instansi terkait tak kunjung merealisasikan perbaikan dan pembangunan jembatan tersebut.

Kongkowkuy

“Ya sejak tahun 2014 lalu, jembatan penghubung sotol dan tambak sepanjang 60 meter diatas aliran sungai Segati kecamatan Langgam sedalam 5-8 meter ini, kondisinya sangat memperihatikan, rusak berat dan nyaris ambruk terlebih tak bisa lagi dilintasi kendaraan roda empat. Perekonomian warga sangat terganggu karena satu-satunya akses penghubung ke kota Kecamatan ini tidak dapat lagi digunakan. Bertahun – tahun diusulkan dalam Musrenbang dari tingkat desa, kecamatan sampai kabupaten untuk pembangunan jembatan ini, namun tak kunjung terealisasi. Untuk itu, kita mendesak agar Pemkab Pelalawan dapat mendengarkan keluhan warga dan segera merealisasikan pembangunan jembatan ini yang lebih layak ,” terang salah seorang warga Desa Tambak kecamatan Langgam Zulfikar kepada Dumai Pos, Minggu (6/1) kemarin.

Sementara itu disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Desa (BPD) Segati Kecamatan Langgam Hendriyanto yang mengatakan, bahwa jembatan tersebut satu-satunya akses penghubung ke kota Kecamatan. Pasalnya, jembatan tersebut merupakan akses vital khususnya bagi masyarakat Desa Tambak dan Sotol, sebab hanya ini jalan dekat untuk menghubungkan desa paling barat dari ibukota Kabupaten Pelalawan. Saat ini, untuk keluar menuju kecamatan, masyarakat harus melalui jalan darat yang jarak tempuhnya mencapai tiga sampai empat jam. Untuk itu, maka pihaknya mendesak agar Pemkab Pelalawan melalui OPD dan instansi terkait dapat segera mencari solusi agar akses warga tidak terganggu.

” Kita tagih komitmen Pemkab Pelalawan yang telah menjanjikan realisasi pembangunan jembatan ini. Pasalnya, ini terkait akses warga jangan tidak digubris dan direalisasikan. Apalagi jembatan ini sudah rusak berat bertahun – tahun dan jelas – jelas ini jalan penghubung warga. Untuk itu, maka sekali lagi kami mendesak agar Pemkab Pelalawan melalui instansi terkait dapat peduli dengan kebutuhan warga dengan segera merealisasikan pembangunan jembatan tersebut. Dengan demikian, maka kondisi ini tidak berlarut-larut mengganggu ekonomi yang akan berdampak kepada kesejahteraan warga,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Pelalawan Ir M Syahrul Syarif MSi menambahkan, bahwa pembangunan jembatan Tambak – Sotol telah diusulkan pihaknya kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada tahun 2018 lalu. Dimana pembangunan jembatan Sotol-Tambak tersebut, direncanakan akan dibangun secara permanen yang menelan anggaran cukup besar yakni 14 Milyar. Hal ini mengingat jembatan penghubung ini sebagai jalur transportasi ekonomi serta jalur pengangkut hasil perkebunan sawit dan karet masyarakat Kabupaten Pelalawan khususnya kecamatan Langgam.

” Untuk anggaran pembangunan jembatan sepanjang kurang lebih 60 meter ini cukup besar yakni Rp 14 Milyar, sehingga pembangunan jembatan yang direncanakan permanen ini sudah kita ajukan ke APBD Provinsi Riau. Hal ini mengingat kondisi keuangan daerah kita yang semakin berkurang, sehingga sangat banyak pembangunan skala periritas daerah yang harus segera kita realisasikan. Untuk itu, maka dalam waktu dekat ini kita akan kembali melakukan koordinasi dengan Pemprov Riau dengan harapan usulan pembangunan jembatan ini dapat diakomodir dan direalisasikan oleh Pemprov Riau pada tahun 2019 ini. Dengan demikian, maka akses ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Pelalawan khususnya kecamatan Langgam,” tutupnya. (naz)