Bisa Awal atau Pertengahan April, Jadwal UN Tingkat SD/SMP Dipercepat

DUMAIPOSNEWS.COM, PEKANBARU – Jadwal ujian nasional tingkat SD dan SMP mengalami perubahan. Bahkan, perubahan jadwal UN tersebut akan dimajukan dua pekan lebih cepat dari jadwal sebelumnya.

“Kita sudah mendapatkan informasi dari pemerintah pusat bahwa untuk ujian nasional 2019 dipercepat. Dimajukan cuma sepekan sampai dua pekan,” kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, akhir pekan kemarin.

Kongkowkuy

Dikatakan Jamal, pihaknya sangat mendukung dengan perubahan percepatan UN tersebut.

“Kita sangat mendukung kebijakan tersebut. Untuk itu, kami mendorong agar pihak sekolah bisa menuntaskan materi pelajaran anak dengan cepat juga,” katanya.

Meski belum ada jadwal resmi terkait pelaksanaan ujian nasional tersebut, namun Abdul Jamal memprediksi bahwa pelaksanaan ujian itu bakal dilangsungkan sekitar April mendatang.

“Sesuai jadwal pelaksanaan ujian nasional sebelumnya yang umum dilaksanakan di bulan (April, red) itu. Jadi, jika dimajukan bisa saja pelaksanaan ujian dilaksanakan pada pertengahan bulannya,” ujarnya.

Untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat tersebut, Jamal menyebutkan pihaknya telah menginstruksikan pihak sekolah agar segera menuntaskan materi pelajaran bagi anak didik.

“Jadi, tidak ada waktu lagi untuk tidak mengejar materi pelajaran di sekolah. Kami minta materi pelajaran segera dituntaskan untuk anak kelas VI SD dan kelas IX SMP,” pungkasnya.(oya)