Tim Kesehatan Puskesmas Perawang Pantau Kebersihan SDN 5

DUMAIPOSNEWS.COM, PERAWANG — Dua petugas Puskesmas Perawang Kecamatan Tualang dari tim kesehatan pantau kebersihan sekolah mendatangi SDN 5 Perawang Kecamatan Tualang pekan lalu. Didampingi Kepala Sekolah, Mardiah tim kesehatan puskesmas Perawang ini mengelilingi dan mengitari lingkungan sekolah mulai dari depan, belakang serta samping. Kantin, toilet, sarana kebersihan lannya menjadi objek pemantauan.

“Dalam memantau kebersihan sekolah ini sudah merupakan tugas rutin yang dilakukan pihak puskesmas. Untuk di bawah pelayanan Puskesmas Perawang ada dua sekolah yangbdijadikan sebagai sample yaitu SDN 05 Perawang ini dan SDN 15 Perawang yang lokasinyabtidak jauh dari kantor Puskesmas Perawang,” ujar seorang petugas saat berdialog.

Kongkowkuy

Dikesempatan tersebut, Petugas kesehatan Puskesmas Perawang dari tim pemantau kesehatan sekolah ini sempat menyarankan agar pihak sekolah menstanbykan deterjen atau sabun di setiap titik kran tempat mencuci tangan siswa/i.

“Ya kalau ditarok deterjen yang pake botol mungkin akan bisa diangkut atau dicuri oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab, maka gunakan aja sabun batangan,” saran petugas tersebut kepada buk Kepsek.

Sementara itu Mardiah menyampaikan rasa terimakasih dirinya dan merasa terbantu dengan adanya program penciptaan dan pengawasan kesehatan di lingkungan sekolah yang dipimpinnya tersebut.

“WC, kantin sekolah merupakan hal yang prioritas diperhatikan oleh tim kesehatan. Kita juga terus merangkul pihak kantin sekolah dan pengelola kebersihan WC untuk benar-benar menjaga areal kantinnya hingga makanan atau minuman yang dijual belikan. Kemudian kepada petugas kebersihan kita minta agar maksimal membersihkan WC. Mengenai deterjen, pihaknya akan segera melaksanakan sebagaimana mestinya,” terangnya. (Rel)