Juara Umum Kejurda Atletik Ucok; Kita Harus Tiru Semangat Pak Sanusi

DUMAIPOSNEWS.COM, BENGKALIS – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkalis, Darma Firdaus Sitompul kembali mengapresiasi keberhasilan olahragwan Bengkalis dalam mendulang prestasi. Terbaru adalah, sejumlah atlit atletik Bengkalis yang keluar sebagai juara umum di Rumba Pekanbaru baru-baru ini.

Selain mengapresiasi para atlet yang berhasil menyumbang medali, rasa bangga dan kagum terkhusus disampaikan untuk Ketua cabang olahraga Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Bengkalis, H Sanusi. Di usianya yang tak lagi muda, anggota dewan kehormatan KONI tersebut masih tunak mengurusi dunia olahraga.

Kongkowkuy

“Pak Sanusi patut dan sangat layak kita jadikan ikon atau dedengkotnya olahraga khususnya atletik di Bengkalis. Tengoklah, di usianya yang tidak lagi muda (70 tahun lebih), masih begitu bersemangat mengurus olahraga (atletik) di Bengkalis, dan hasilnya bisa kita lihat beberapa tahun terakhir,” ujar Darma usai menerima piala juara umum dari Ketu PASI Bengkalis, H Sanusi di Kantor KONI baru-baru ini.

Statemen tersebut tidak berlebihan kata pria yang akrab disapa Ucok ini, Ketua KONI Provinsi Riau, Dr H Emrizal Pakis dalam beberapa kesempatan juga tidak sungkan melambungkan pujian untuk Ketua Pengcab PASI Kabupaten Bengkalis tersebut.

“Sudah berpuluh tahun dia menekuni dunia ini, keliling ke ceruk kampung mencari atlet berbakat. Berkolabari dengan sejumlah guru olahraga di Bengkalis, demi menemukan bibit atlet berbakat. Jarang-jarang kita temukan pengurus dan pelatih seperti ini. Harapan kita tentunya, akan ada Sanusi-Sanusi lain di Bengkalis,” harap Ucok.

Berkat kegigihannya selama ini, Bengkalis menjadi baromater kedigdayaan cabor atletik untuk Provinsi Riau. Bukan hanya kejurda, saat Porprov di Kampur tahun lalu, cabor atletik juga keluar sebagai juara umum.

“Hasil yang diraih hari ini merupakan sebuah bukti nyata dan kesuksesan yang didapatkan ini tidak terlepas dari kegigihan dan semangat atlet dibawah binaan bapak Sanusi yang selama ini banyak menoreh prestasi di cabor atletik ini,” kata Ucok lagi.

Sementara itu menurut Sanusi, cabor atletik merupakan salah satu cabor andalan Bengkalis dalam mendulang prestasi, dan hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak dan juga atlet yang merupakan asli dari putra daerah Bengkalis.

“Ini keberhasilan kita semua. Mudah-mudahan prestas ini dapat terus kita pertahankan dan kita tingkatkan untuk level yang lebih tinggi lagi,” akunya.

Seperti diberitakan, pada Kejurda atletik di Rumbai Pekanbaru baru-baru ini, Bengkalis berhasil mengkoleksi 34 medali, diantaranya 13 medali emas, 10 perak dan 11 perunggu. Berdasarkan perolehan tersebut, Pengcab Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bengkalis tampil sebagai juara umum, dan memboyong piala bergilir. (auf)