Operasi Zebra, Kapolres AKBP Restika P Nainggolan: Mari Budayakan Tertib Lalulintas Tak Perlu Khawatir

DUMAIPOSNEWS.COM, DUMAI — Jajaran Satlantas Polres Dumai akan menggelar Operasi Zebra Muara Takus 2018 dimulai sejak hari ini tanggal 30 Oktober 2018 hingga tanggal 12 November 2018 mendatang.
Operasi yang digelar serentak seluruh Indonesia ini berfokus pada penindakan pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalulintas.
Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan dalam amanatnya saat pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Muara Takus 2018 Polres Dumai pada Selasa (30/10) menyampaikan bahwa Operasi Zebra ini merupakan operasi cipta kondisi jelang operasi lilin pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019 nanti.
“Masyarakat tidak perlu kawatir, karena kegiatan ini merupakan kegiatan rutin, mari budayakan tertib lalulintas guna keamanan dan kenyamanan bersama,” ucap Kapolres.
Dalam operasi ini ada dua sistem penindakan yang akan dilakukan yaitu Stationer dan Mobile Hunting dengan tujuh sasaran utama pelanggaran lalu lintas diantaranya berkendara yang tidak wajar atau mabuk, berboncengan lebih dari satu, menggunakan handphone saat berkendara, melawan arus, overload dan batas kecepatan maksimum serta beberapa pelanggaran lainnya.
Kasat Lantas Polres Dumai AKP Adi Wibowo menjelaskan bahwa jelang melaksanakan Ops Zebra ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan pemberitahuan kepada seluruh masyarakat dan instansi maupun pihak sekolah baik secara langsung maupun pemberitahuan melalui spanduk untuk tertib berlalu lintas serta melengkapi surat kendaraan mereka.
“Penindakan bukan hanya berlaku kepada kendaraan roda dua, melainkan kendaraan roda empat juga akan kita tertibkan ,” jelas Kasat Lantas Polres Dumai.
Meski demikian, lanjut Kasat Lantas Polres menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tertib dan mematuhi aturan lalu lintas. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, termasuk melengkapi surat-surat kendaraan.
“Intinya kami  mengajak  masyarakat  untuk  tertib lalu lintas  dan jadi pelopor keselamatan,”tutupnya. (aga)