In Memori Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (E) Yose Aldino:Sosok Bersahaja dan Baik

DUMAIPOSNEWS.COM, DUMAI — Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, suasana duka mendalami dirasakan di Kota Dumai, Kamis (25/10) lalu, mendengar kabar Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Kolonel Laut (e) Yose Aldino merupakan sosok yang dikenal sungguh baik dan bersahaja dikabarkan kembali menghadap Ilahi.

Masih segar dalam ingatan, senyuman ikhlas Danlanal bersahaja ini. Sosok Komandan yang sangat perhatian terhadap pendidik anak-anak serta selalu berpikir bagaimana bisa meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat daerah-daerah yang tertinggal khususnya di Riau.

Kongkowkuy

Danlanal Dumai Kolonel Laut (e) Yose Aldino meninggal dunia, Kamis (25/10) sekira pukul 11.45 WIB di RS Siloam Surabaya. Beliau menjabat sebagai Danlanal Dumai sejak 12 Mei 2017 lalu mengganti Kolonel Laut (P) M Risahdi M.Si. Sebelum menjabat Danlanal Dumai, almarhum menjabat sebagai Asintel Lantamal III Jakarta

Almarhum disemayamkan di rumah duka Jalan Kayu Putih nomor 7 rumah dinas TNI AL Pangkalan Jati, Jakarta Selatan dan rencananya dimakamkan di Cinere Jakarta. Beliau sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit. Selain memiliki riwayat sakit jantung, trombosit beliau saat dirawat juga turun drastis.

Beliau tutup usia di umur 47 tahun, lahir di Padang pada 10 Maret 1971. Meninggal satu orang istri dan dua orang anak. Beliau bergabung masuk ke Akademi Angkatan Laut pada 1993. Selanjutnya, Dik Pasis Angkatan VI Tahun 1994, Dikpafung -Hidros Angkatan X Tahun 1997, Sus Kibi Angkatan 50 Tahun 1999.

Dikpafung II Hidros Angkatan IV tahun 2001, Seskoal Angkatan 46 Tahun 2008. Suspa Intelijen Teknik Angkatan VII Tahun 2009, Susjemen Rengarhan Angakatan 30 Tahun 2010, Sus Asisten Intelijen Gelombang I Tahun 2012.

Yose panggilan akrab almarhum dikenal sebagai perwira menengah yang bersahaja, sederhana dan dekat dengan jajaran dibawahnya. Bahkan tidak jarang beliau bersenda gurau dengan anggotanya. Lanal Dumai kini kelihangan sosok pemimpin yang murah senyum itu.

Suasana Mako Lanal Dumai tampak sepi. beberapa anggota terlihat berkumpul. Bendera setengah tiang dipasang petanda sedang berduka dan bela sungkawa atas wafatnya sosok pemimpin bersahaja tersebut.

Bahkan beberapa perwira menengah seperti Palaksa Letkol Laut (KH) Syaiful Sitinjak, Pasop Lanal Dumai Mayor Laut (KH) Zurahim, dan Pasi Intel Lanal Dumai, Mayor Laut Arif mendapat kabar komandan mereka wafat langsung terbang ke Jakarta.

Sempat beberapa waktu lalu, berbincang bersama Dumaipos, Danlanal sempat mengatakan fokus memperhatikan dikawasan Rupat yang berbatasan dengan Malaysia, selain turut memperhatikan pendidik di MDTA beliau juga memperhatikan sisi ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dibidang tambak budidaya perikanan. “Saya punya cita-cita mau buat kerambah udang dan ikan di pesisir laut kita, dengan itu ekonomi masyarakat bisa maju, bahkan mereka bisa juga menjadi mata bagi Lanal Dumai untuk mengawasi laut di Riau yang cukup luas ini,” ujar saat berbincang beberapa waktu lalu.

Sosok Yose Aldino merupakan orang yang sangat perhatian dengan dunia pendidikan terutama di kawasan perbatasan. Salah satunya Rupat, Yose Aldino pernah memberi bantuan rehab sekolah di Pulau Rupat. Sebelum ia sedih ketika melihat kondisi sekolah disana, berangkat dari situ Danlanal berusaha memberikan bantuan hingga melakukan renovasi gedung yang sangat layak.

Yose juga konsen terhadap lingkungan dan memiliki program penanaman mangrove di kawasan pesisir Dumai. “Lingkungan kita juga harus di jaga bersama, “ujarnya.

Walikota Dumai Zulkifli As mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Danlanal Dumai. “Kami turut berduka cita, beliau orang yang baik dan pekerja keras serta dekat dengan masyarakat dan Pemerintah kota dumai,” ujarnya.
Ia mengatakan Pemko merasa kehilangan sosok seorang sahabat dan kolega. “Terakhir ketemu saat pemusnahan barang bukti di Mako Lanal Dumai,” sebutnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi selama bertugas di Dumai. “Semoga Allah memberikan ketabahan kepada keluarga yang ditinggal dan Beliau mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah,” tuturnya.

Tidak hanya, Walikota Dumai, bagi Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan mengaku sangat dekat dengan Kolonel Laut e Yose Aldino. “Kami merasa kehilangan dengan kepergian beliau dikarenakan sakit. Beliau sosok pemimpin yang tegas, humanis dan baik kepada semua orang,” ujarnya.

Restika mengatakan selama dalam berdinas beliau sering memberikan wejangan kepada dirinya sebagai Junior untuk melakukan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat. “Polres Dumai dan jajaran mendoakan almarhum diterima di sisi Tuhan YME. Amin,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPH LAMR kota Dumai, Datuk Seri Syarudin Husin, menyampaikan sangat berduka cita atas meninggalnya Kolonel E laut Yose Aldino. “Almarhum sosok yang akrab bercengkrama dengan masyarakat dumai,” ujarnya.

Datuk Seri Syarudin Husin juga mengatakan mengucapkan terima kepada Almarhum yang telah mengabdi dikota dumai. “Semoga almarhum amal kebaikan nya diterima Allah,” sebutnya.(aga)