Bersaing dengan 400 UPT, KSOP Dumai Raih Penghargaan Pelayanan Prima Pratama

DUMAIPOSNEWS.COM, DUMAI  – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai terima penghargaan Pelayanan Prima Pratama dari Menteri Perhubungan RI. Penyerahan penghargaan dilakukan di Jakarta, bertepatan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional 2018, beberapa waktu lalu.

Kepala KSOP Kelas I Dumai, Sanggam Marihot mengaku bangga atas prestasi tersebut. Dia berharap mampu memotivasi seluruh karyawan dan jajarannya dalam memberikan pelayanan merata dan terbaik kepada masyarakat. Dalam meraih penghargaan ini, KSOP Dumai bersaing dengan sekitar 400-an Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang ada dibawah naungan Direktorat Jendral Perhubungan Laut.

Kongkowkuy

“Saya bahkan tidak menyangka karena penilaian dilakukan oleh tim ombudsman secara diam-diam, UPT lain juga banyak yang bagus, meski begitu ini jadi kebanggaan bagi kita semua,” kata Kepala KSOP Kelas I Dumai, Sanggam Marihot saat diwawancarai Dumai Pos  Kamis (25/10).

Pembenahan layanan publik di kantor Syahbandar Dumai kini terasa lebih signifikan. Ruang pelayanan dibuat transparan dan nyaman bagi pengunjung. Selain itu disediakan juga ruang pelayanan konsultasi, email dan kotak pengaduan, serta terdapat juga spanduk banner himbauan anti korupsi.Pelayanan Online

Sanggam menambahkan terkait pelayanan publik , pihaknya akan melaunching sistem pelayanan online. Sistem pelayanan online di Dumai menyasar pada pelayanan kapal dan kegiatan bongkar muat  barang di pelabuhan.

“Banyak kemudahan yang didapat, misalnya pengurus SPB (Surat Persetujuan Berlayar) lebih mudah dan cepat, untuk pengurusan tidak perlu lagi datang ke kantor karena bisa dilayani secara online,” ujarnya.

Pelayanan online tersebut lanjutnya akan dilaunching pada 5 November 2018 mendatang sembari menunggu kedatangan perangkat untuk mendukung kinerja teknologi digital tersebut. “Dibeberapa kota sistem online ini sudah dilakukan, sangat mudah dan cepat, alhasil kondisinya tertib dan teratur, kedepan kita berharap dengan sistem ini pelayanan publik di terminal pelabuhan juga semakin membaik,” harapnya.(men)