Mudik Takut Sakit, Jangan Khawatir BPJS Kesehatan Solusinya

DUMAIPOSNEWS.COM, Dumai- Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), tidak perlu khawatir ketika melaksanakan mudik lebaran Idul Fitri 1349 H, sebab peserta JKN-KIS yang menjalani mudik apabila membutuhkan pelayanan kesehatan diluar Kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).
Seperti yang disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, Nora Duita Manurung dalam konferensi pers dengan tema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Senin (4/6) kemarin.
“Program ini bertujuan menyonsong pelayanan kepada peserta JKN-KIS selama cuti lebaran 2018, sesuai dengan peraturan perundangan yang ada, bahkan peserta yang tidak terdaftar di FKTP, hal tersebut juga menjadi bagian dari perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan Faskes dan Faskes tidak diperkenankan untuk menarik biaya tambahan,” ujar Nora.
Selain itu kata Nora, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libut lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas yang membuka praktek pelayanan kesehatan. Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat menberikan pelayanan saat libur lebaran diwilayah tersebut, atau peserta menbutuhkan pelayanan diluar jam buka layanan FKTP maka, peserta akab dilayani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis.
“Pada keadaan darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS selama peserta mengikuti ketentuan dan prosedur yang berlaku,” jelasnya.
Untuk demikian Nora menjelaskan, peserta JKN-KIS dihimbau untuk selalu membawa kartu JKN-KIS ketika berpergian jauh, sebab pelayanan kesehatan hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan status kepersertaan aktif. Maka dari itu masyarakat juga diajak untuk mengaktifkan kembali kartu tersebut sebelum melakukan mudik.
“Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di download secara gratis, di google Play Store di android kita,” tutupnya.(ras)