UPT Puskesmas Teluk Lecah Gelar Lokakarya Mini dan Sosialisasikan Imunisasi

DUMAIPOSNEWS.COM, Rupat — UPT Puskesmas Teluk Lecah, Kecamatan Rupat Kabupaten  Bengkalis, menggelar pertemuan lintas sektoral dengan Upika,Kades, tokoh pendidikan, Kepala sekolah serta tokoh masyarakat guna membahas pembangunan kesehatan yang dikemas melalui kegiatan Lokakarya mini(lokmin)Selasa (15/5/2018). Diwaktu dan tempat yang sama juga digelar sosialisasi imunisasi Measles Rubella(MR).

Camat Rupat,Hanafi S.Pi,M.Si saat membuka kegiatan Lokmin dan sosialisasi MR tersebut mengatakan bahwa pertemuan lintas sektoral yang membahas masalah kesehatan masyarakat sangatlah penting. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui perkembangan kesehatan masyarakat Kecamatan Rupat secara rutin melalui bidan bidan desa, maupun para kepala desa dan lurah Hanafi juga menekankan pentingnya komitmen semua stakeholder alam urusan kesehatan masyarakat Rupat.

Kongkowkuy

Menurutnya, urusan kesehatan bukan hanya urusan dinas kesehatan saja tetapi sudah menjadi bagian yang integral antar semua lembaga pemerintah dalam mensukseskan program kerja dibidang kesehatan.

“Urusan kesehatan itu bukan urusan dinas kesehatan saja, tapi menjadi tanggung jawab kita semua, tanggung jawab antar lembaga untuk menyukseskan program kerja bidang kesehatan,”terangnya.

Hanafi juga berharap dari kegiatan Lokmin ini diharapkan bisa memberikan masukan serta turun rembuk untuk penguatan pembangunan kesehatan dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Kecamatan Rupat

Terpisah, Kepala UPT Puskesmas Teluk Lecah,dr Nelya Sasmita, saat ditemui media ini mengatakan lokakarya mini ini salah satu langkah untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sekaligus sebagai upaya menjalin kerjasama dengan semua pihak guna meningkatkan pelayanan serta merealisasikan program kesehatan.

“Tanpa ada dukungan kerjasama lintas sektoral mustahil semua program kesehatan dari puskesmas bisa dilaksanakan,”katanya. Dia memberikan contoh tentang program kebersihan lingkungan. Jika hanya berpatokan dari puskesmas tanpa dukungan dari pemerintahan desa, pemerintahan kelurahan ataupun instansi lainnya, program ini tidak bisa dijalankan secara maksimal.

Dengan kegiatan ini, peserta dapat memberikan masukan dan keluhan tentang pelayanan kesehatan yang nantinya dapat menjadi acuan dan perbaikan di dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Dalam pembahasan lokakarya tersebut. UPTD Puskesmas Teluk Lecah juga mensosialisasikan program Imunisasi Measles Rubella(MR).

Dia mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini dengan para kepala sekolah, instansi lintas sektoral dan juga tokoh masyrakat untuk lebih memperlancar program imunisasi MR ini ke masyarakat.Apalagi
guru maupun kepala sekolah yang memiliki hubungan lansung kepaad peserta didik atau anak anak sebagai sasaran dari pelaksanaan imunisasi MR ini

“Sebagai nara sumber kegiatan sosialisasi imunisasi MR kemarin disampaikan oleh bapak dr Sanggam Malau,”terangnya

Lanjut dr Nelya Sasminta, dampak dari penyakit mubrella pada ibu hamil, Mubrella itu bisa menularkan, efek sampingnya itu bisa mengakibatkan kecacatan permanen pada bayi yang dilahirkannya, keguguran mungkin bisa terjadi, juga kecacatan permanen.”ujarnya

Pihaknya juga berharap, dengan dilaksanakannya sosialisasi Measles Rubella ini agar nantinya dapat berjalan, lancar, sukses.

“Dengan sosialisasi ini diharapkan Masyarakat dan lembaga pendidikan bisa mengetahui, nantinya pihak orang tua murid mempersiapkan anaknya untuk diberikan imunisasi MR,” Ucapnya.

Harapan dr Nelya Sasmita , dengan adanya sosialisasi Imunisasi MR dari pihak Puskesmas Teluk Lecah mengharapkan warga Kecamatan Rupat khususnya ibu-ibu bisa mempunyai anak/balita yang sehat bebas dari penyakit Campak.(Aru)