Waka Polres Rohil Pimpin Pemakaman Aiptu Iskandar

BAGANSIAPIAPI (DUMAIPOSNEWS.COM) — Sejumlah Kepolisian Resort Rokan Hilir (Polres Rohil) telah menunggu di tempat pemakaman umum, Senin (16/04). Bahkan, tampak wakapolres Rohil Kompol Dr Wawan Setiawan Sik.MH dan satu regu pasukan tembak salvo, satu regu jajaran kepolisian dan sejumlah jajaran polsek Bangko ikut dalam upacara pemakaman secara dinas kepolisian.

Setibanya jenazah Aiptu Iskandar di area pemakaman umum Pusara Hilir jalan Pusara Hilir Bagansiapiapi, peti jenazah disambut oleh enam orang personil kepolisian. Peti jenazah yang masih di selimuti kain merah putih tersebut di panggul oleh enam personil polisi. Enam polisi tersebut memanggul peti jenasah sambil berjalan langkah tegap mendekati area lubang lahat.

Kongkowkuy

Didepan peti jenazah berjalan polwan memanggul foto Aiptu Iskandar dan karangan bunga serta keranjang berisi bunga rampai. Sebelum di lakukan penguburan, dilakukan upacara pemakaman secara kedinasan polisi. Selaku inspektur upacara di pemakaman ini langsung diambil alih oleh wakapolres Rohil Kompol Dr Wawan Setiawan Sik.MH.

Pihak keluarga dalam hal ini Drs Indra Jaya Msi menyerahkan jenazah kepada pihak kepolisian untuk dilakukan upacara pemakaman secara dinas kepolisian. Dalam Kesempatan ini, Indra Jaya mewakili pihak keluarga mengucapkan terimakasih atas dilakukannya upacara secara dinas oleh pihak kepolisian terhadap almarhum Aiptu Iskandar.

“Kami dari perwakilan keluarga almarhum menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Kepolisian Polres Kuansing, Polres Rokan Hilir dan Polsek Bangko yang telah menyelenggarakan upacara pemakaman secara Dinas Kepolisian sebagai wujud perhormatan serta ikut mendoakan atas kepergian almarhum,”ujarnya Indra Jaya.

Selanjutnya dilaksanakan upacara pemakaman secara dinas kepolisian terhadap jenazah almarhum Aiptu Iskandar.

Dimana, riwayat hidup Aiptu Iskandar dikemukakan dalam upacara tersebut diantaranya disebutkan Nama Iskandar pangkat terakhir Aiptu, NRP 65040420, jabatan Ps Kanit Provost Polres Kuansing, tempat tanggal lahir Bagansiapiapi, 17 April 1965 anak kandung dari Badul Sudin (alm) dan ibu Rusna (alm),  pendidikan SD (1977), SMP (1981), SMA (1984), Secaba Polri (1986), kepangkatan Serda  TNT 21 Oktober 1986, sertu TNT 1 Oktober 1990, Serka TNT 01 Oktober 1994, Serma TNT 1 Oktober 1998, Aipda TNT 1 Januari 2004, Aiptu TNT 1 Januari 2006.

Sedangkan jabatan yang pernah diemban tahun 1986 Bapolres Inhu,1998 Bapolsek sengingi Polres Inhu, 2000 Bapolres Kuansing, 2003 Bapolsek Sengingi Polres Kuansing, 2011 PS Kanit polsek Sengingi polres Kuansing hingga sekarang.

Sedangkan tanggungan keluarga meninggalkan empat orang anak yakni Wira Pratama, Robi Wahyudi, Dodi Dharmansyah, Fadhly Noviardy. Aiptu Iskandar NRP 65040420 meninggal dunia pada hari Senin tanggal 16 April 2018 pukul 00.50 wib  di rumah sakit umum pemerintah M.Jamilkarena sakit.

“Atas nama negara, bangsa dan kepolisian Negara Republik Indonesia dengan ini mempersembahkan kepada persada ibu pertiwi jasa dan raga almarhum nama Iskandar pangkat Aiptu jabatan Ps Kanit Provost Polres Kuantan Sengingi kesatuan Polda Riau putra dari Badul Sudin yang telah meninggal dunia pada tanggal 16 April 2018 di rumah sakit umum pemerintah M.Jamil,”ujarnya Wakapolres Rohil Kompol Dr Wawan Setiawan,Sik,MH.

Upacara pemakaman dengan satu regu pasukan tembak salvo mengapit lubang pemakaman dan selanjutnya penghormatan terakhir kepada jenasah ditandai dengan penghormatan dan tembak salvo ke udara oleh regu tembak salvo.

Selanjutnya dilakukan penurunan jenasah dengan di lindungi oleh kain merah putih di atas lubang kubur. Prosesi penguburan tampak penuh haru ini membuat tercengang warga masyarakat yang sedang menyaksikan upacara ini.

“Kami segenap jajaran kepolsian mengucapkan bela sungkawa yang sedalam dalamnya, dan mendoakan semoga Tuhan yang maha Kuasa memberi ketabahan,  kesabaran,  bimbingan dan perlindungan kepada keluarga yang ditinggalkan,”pungkas Wakapolres Rohil Kompol Dr Wawan Setiawan,Sik,MH (min)