Minyak CPO Berserakan di Laut Dumai

Dumaiposnews.com, DUMAI – Tumpahan Crude Palm Oil (CPO) kembali terjadi di laut Dumai. Bahkan CPO hingga Jumat (6/4) kemarin masih berserakan di laut Dumai. CPO itu tumpah dari kapal tongkang ilir Jaya 3, diduga kapal itu mengalami kebocoran dibagian bawah sehingga meluber ke laut.

Informasi yang dihimpun diketahui, kejadian tumpahan cpo itu terjadi pada, Kamis (6/4) dini hari. Diperkirakan sekitar puluhan ton CPO yang tumpah ke laut. Sebagian CPO sudah bersihkan, namun sebagian lainya hanyut di bawa arus laut.

Kongkowkuy

Informasi yang diterima Dumaipos menyebutkan pemasangan Oil boom menyusul pasca kejadi tumpahan tersebut. Pantauan dilaut memang tampak oil boom terpasang di sekitar lokasi kapal tongkang tersebut, namun karena ombak cukup besar membuat CPO yang tumpah masih tersisa di laut.

Kadis LHK Kota Dumai, Satria Wibowo mengatakan timnya sudah turun ke lokasi untuk memeriksa tumpuhan CPO tersebut. “Sedang diperiksa, CPO nya milik PT Smar Ivo Mas,” ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya juga sudah mengambil sample untuk pemeriksaan terkait kejadian itu. “Masih menunggu hasil,” terangnya.

Tumpuhan CPO itu juga jadi perhatian komisi bidang lingkungan hidup KNPI Kota Dumai. “Sudah berulang kali, tidak bisa dibiarkan, harus ada tindakan tegas,” ujarnya.

Ia berharap Dinas LHK Kota Dumai bertindak dan memberi sangsi kepada perusahaan pemilik cpo. “Ini masalahnya sudah terbesar kemana-mana, jangan sampai merusak lingkungan,” tutupnya. (Aga)