Ratusan PPK dan PPS DiLantik: Jaga Integritas dan Independensi

DUMAI(DUMAIPOSNEWS.COM)– Ratusan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara ( PPS) Se-kota Dumai untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, diambil sumpah dan dilantik oleh KPU Dumai, Selasa (06/03) kemaren.

Hadir dalam pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut Walikota Dumai diwakili Asissten 1 Syamsudin, Komisioner KPU, Ketua DPRD Dumai ,Panwaslu, KPU Provinsi Riau ,Kepolisian, TNI, kesebangpol dan umdangan lainnya bertempat di Gedung Sri Bunga Tanjung Pendopo Jalan Putri Tujuh.

Kongkowkuy

Ketua KPU Dumai, Darwis Sag mengingatkan agar anggota PPK dan PPS dapat berkerja dengan maksimal sesuai undang undang, serta membantu menyelenggarakan Pemilu sesuai dengan kode etik.

” Selamat kepada Bapak dan Ibu, karena sudah dilantik menjadi PPK dan PPS . Yang akan membantu penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 dengan memperhatikan kode etik, dan mematuhi peraturan sesuai Undang-undang,” ujarnya

Diharapkan Darwis beban tugas dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Semoga pelaksanaan Pemilu tahun 2019 dapat berjalan dengan aman dan sukses,” jelasnya.

Disamping itu ,Darwis meminta agar PPK dan PPS menjaga integritas, netralitas, independensi dan saling bersinergi dalam pemilu yang dilaksanakan pada 2019 mendatang.Jangan sampai kinerja penyelenggara pemilu tercoreng oleh ulah oknum yang tak bertanggung jawab karena melenceng dari aturan. Jangan bergabung ke dalam Parpol, jangan neko neko dilapangan.

Hal ini perlu ditekankan lagi sesuai perintah KPU RI.Ia tidak ingin ada penyelenggara pemilu yang kedapatan berulah dilapangan sehingga mencoret kinerja penyelenggara pemilu seperti yang terjadi dibeberapa kabupaten.

Kemudian Ia juga meminta PPK dan PPS memberi penyuluhan kepada masyarakat supaya saat pelaksanaan Pemilu 2019 partisipasi masyarkat dapat meningkat. “Jagalah amanah yang diberikan di pundak para PPK dan PPS pada Pemilihan Umum 2019.”

Sementara Walikota Dumai melalui Asisten 1 Syamsuddin mengatakan anggota PPK dan PPS harus melaksanakan dan menepati sumpah yang telah diucapakan saat bertugas. Sebab, sumpah ini merupakan janji yang telah mengikat diri pribadi.

Menurut dia, anggota PPK dan PPS mengemban tugas besar dan penting demi kesuksesan pemilu dengan semangat integritas, moralitas, dan netralitas.“Di pundak PPK, PPS dan KPPS telah diletakkan amanah yang sangat besar. Baik buruknya pilkada dan pemilu tergantung kepada penyelenggara, saya berharap jaga amanah ini dengan kinerja yang profesional,” katanya

Ia mengingatkan lembaga penyelenggara pemilu termasuk lembaga yang paling maju penegakan kode etiknya.Tantangan yang dihadapi pun cukup besar dan rentan konflik. “Apalagi, saat ini masyarakat kita sudah semakin kritis dan paham akan dinamika politik, sehingga merasa pemahaman tentang pemilihan umum sama baiknya dengan penyelenggara pemilu,”tuturnya

Dalam menghadapi kritik dan ketidakpuasan masyarakat, ia mengimbau PPK dan PPS harus siap bertugas di bawah tekanan dengan kapabilitas wawasan dan kompetensi. Maka PPK dan PPS bijaksana dan tegas dalam mengambil keputusan, namun tetap berpegang teguh pada aturan yang berlaku dalam setiap penyelesaian masalah, tutup Assisten I membacakan sambutan Walikota Dumai (dev)

Komentar