KECEWA! Rossi dan Pedrosa Keluhkan Kondisi Sirkuit Austin

AUSTIN – Sejumlah pembalap telah menyampaikan keluhan terhadap Circuit of the Americas, Austin yang berada di Amerika Serikat. Salah satu pembalap yang secara tegas menyampaikan kritikan tersebut adalah legenda hidup MotoGP yakni Valentino Rossi.

Pembalap berjuluk The Doctor itu memiliki keluhan terhadap sirkuit sepanjang 5,5 km itu karena masalah tonjolan yang timbul di permukaan lintasan. Tentu hal tersebut bisa membahayakan para pembalap MotoGP yang akan tampil di Sirkut Austin pada seri ketiga MotoGP 2018, Senin 23 April 2018 dini hari WIB.

Kongkowkuy

Rossi meminta kepada pihak pengelola sirkuit agar bisa memperbaiki situasi tersebut dan melakukan semuanya dengan benar. Sebab, keluhan ini bukan hanya terjadi satu kali ini saja, tetapi sudah dimulai sejak musim 2017.

Baca juga Jarvis: Yamaha Senang dengan Loyalitas Valentino Rossi

“Tiga titik dari lintasan membutuhkan perbaikan. Tetapi jika mereka (pengelola sirkuit Austin) melakukannya, mereka harus melakukannya dengan benar,” ungkap Rossi, mengutip dari Autosport, Rabu (28/3/2018).

“Kami sudah mengeluh tentang itu beberapa tahun yang lalu dan mereka melakukan beberapa pekerjaan, tetapi tidak dengan cara yang benar. Mereka (pengelola Sirkuit Austin) harus fokus pada area di mana ketikdaksempurnaannya lebih besar,” tambah pembalap Tim Movistar Yamaha itu.

Bukan hanya Rossi, keluhan juga datang dari pembalap Tim Repsol Honda yakni Dani Pedrosa. The Little Spaniard –julukan Pedrosa– mengaku juga telah mengalami kesulitan dalam mengontrol motor saat tampil di Sirkuit Austin. Ia pun memiliki harapan agar lintasan segera diperbaiki dan kondisinya tidak semakin memburuk.

Baca juga Jarvis Sebut Rossi Bawa Hal Positif bagi Perkembangan Yamaha di MotoGP

“Di bagian belakang yang lurus sulit untuk mengontrol motor. Sangat penting bagi mereka (pengelola sirkuit) melakukan sesuatu untuk memperbaikinya, karena jika keadaan memburuk, akan sangat sulit untuk dilewati,” ucap Pedrosa.

Banyak para pembalap MotoGP yang mengeluhkan kondisi lintasan yang memburuk karena disebabkan oleh balapan Formula One (F1). Sebab balapan jet darat itu juga menggunakan Sirkuit Austin sebagai salah satu tujuan mereka. Mobil F1 pun diduga memiliki kecenderungan untuk merusak aspal di Austin, yang ternyata membuat kesulitan bagi para pembalap motor.

(Ram/BN/ol)