SMP Negeri 2 Sambut Siswa Baru dan Gelar MPLS

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– SMP Negeri 2 Dumai menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran Baru 2024/2025 yang dimulai Senin (8/7). Proses pelaksanaan MPLS ini berlangsung selama tiga hari dengan jumlah peserta didik baru 330 orang yang mengikuti kegiatan MPLS.

Kabid SMP Disdikbud Kota Dumai, Ahmad Faisal Lubis SE secara resmi membuka kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMPN 2 Dumai. Juga hadir Korwas Wasrin SPd MPd serta perwakilan orangtua siswa baru.

Kongkowkuy

Kepala SMP Negeri 2 Dumai, Hj Saidatun Syabibah SPd MPd mengatakan kegiatan MPLS ini diselenggarakan untuk pengenalan lingkungan sekolah, serta penguatan karakter Pancasila akan kesadaran berbangsa dan bernegara. Dengan harapan, agar siswa yang mengikuti kegiatan MPLS ini dapat memiliki karakter Pancasila, bersosialisasi, cinta lingkungan serta paham akan tata tertib sekolah.

“Ibu berpesan kepada anak-anak kelas tujuh ini untuk bersama-sama menjaga nama baik sekolah nama baik SMP Negeri 2 Dumai dengan cara mengukir prestasi melalui keaktifannya mengikuti berbagai kegiatan di sekolah ini. Kita semuanya ini adalah bagian dari sebuah keluarga, karena itulah mari bersama saling menghormati, menyayangi tanpa ada perundungan ya dan patuhi peraturan sekolah,” ujar Saidatun Syabibah.

Kabid SMP Disdikbud Kota Dumai, Ahmad Faisal Lubis SE menyampaikan di awal memasuki SMP maka siswa diperkenalkan dengan lingkungan sekolah yang akan mereka tempati, hal ini bertujuan agar Siswa dapat memahami kondisi lingkungan sekolah.Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah adalah laboratorium awal untuk mengenal hakikat sekolah kepada siswa. Rangkaian kegiatan pengenalan ini dirangkum menjadi satu dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru. Melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), siswa akan menjadi lebih mengenal tentang lingkungan sekolah sehingga dapat terbiasa di lingkungan sekolah yang baru.

”Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru dilaksanakan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, dalam pelaksanaannya dilakukan kegiatan yang bersifat mendidik, kreatif, dan dapat membentuk karakter siswa untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang ramah lingkungan, nyaman, dan menyenangkan,” ungkapnya.

Kabid SMP juga mengingatkan supaya peserta didik baru kelas VII SMPN 2 Dumai dapat belajar dengan sungguh dan mempersiapkan diri agar bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya. ”Semoga siswa baru yang telah menjadi bagian dari SMPN 2 Dumai menjadi siswa yang pribadinya baik, dan dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh saat MPLS,” tukas Ahmad Faisal Lubis.

Acara pembukaan MPLS ini dilaksanakan di aula sekolah, ditandai dengan pengalungan tanda peserta. Turut dimeriahkan penampilan solo song dan MPLS di SMPN 2 Dumai masih mengenakan seragam SD dan selama tiga hari ini mereka akan ditempa berbagai kegiatan bermakna dan menyenangkan dalam mengikuti pembelajaran MPLS.(des)