13 Kios Pasar Buah di Dumai Terbakar, Ini Datanya

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)-SEBANYAK belasan  kios pedagang buah yang berada di Pasar Pulau Payung Sri Buda Mersing,  Jalan Pangeran Diponegoro Dumai terbakar, Senin (17/6/2024) sekitar pukul 21.45. Kios yang terbuat dari kayu tampak dilalap sijago merah. Belum diketahui pasti penyebab dari kebakaran tersebut.

Peristiwa memilukan itu membuat pedagang buah dipinggiran jalan tersebut hanya bisa  menangis histeris. Angin yang kencang membuat petugas pemadan kebakaran sulit memadamkan api,   api dengan cepat menjalar ke kios pedagang lainnya, beruntung tidak ada korban dalam  peristiwa kebakaran ini.

Kongkowkuy

Data yang diperoleh Dumai menyebutkan jumlah kios yang terbakar sebanyak 13 kios, yang  mana semua kios terbuat dari kayu, sehingga api dengan mudah membakar dan menjalar ke  bangunan lainnya.

Sebanyak 7 unit  mobil pemadam dari Pemko Dumai dan di bantu satu unit mobil dari  Pertamina Dumai di terjunkan ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api. Atas upaya pemadam  untuk menjinakan api, api berhasil dipadamkan sekitar pukuk 23.45 WIB.

Kejadian kebakaran hebat itu sempat menyita perhatian warga, dan berbondong-bondong  warga berdatangan dan memadati lokasi kejadian, sehingga kondisi ini membuat arus lalulintas  macet, bahkan mobil pemadam kebakaran sempat mengalami kesulitan melintas.

Kepala Bidang BPBD Dumai Heri Suprapto menyebutkan,  besarnya kobaran api juga turut  membakar aliran listrik sehingga menyulitkan petugas pemadam kebakaran menjinakan api.

“Api  baru bisa kita padamkan satu jam dengan menutunkan 7 unit dan dibantu pemadam kebakaran dari  Pertamina Dumai,”ujarnya.

Atas kejadian itu turut menjadi perhatian Walikota Dumai H Paisal, Kapolres Dumai AKBP  Dhovan Oktavianton dan Dandim 0320 Dumai Letkol Inf Antony Tri Wibowo yang tiba di loikasi  kejadian. Mereka sempat menemui korban dan menenangkan korban yang kiosnya terbakar.

Walikota Dumai H Paisal memastikan bahwa penanganan untuk korban kebakaran sudah  diserahkan kepada dinas terkait, dan Pemko Dumai akan melakukan pedataan dan penyaluran  bantuan kepada  korban kebakaran. Sedangkan untuk pemulihan kios yang terbakar, Wako  mengungkapkan bahwa status lapakj pasar buat tersebut berstatus quo.

“Kita tentunya nanti akan mendudukkan dengan pihak perusahaan selaku pengelola , jika  pihak pengelola tidak bersedia untuk melakukan pemulihan, maka Pemko bersedia untuk mengambil  alih agar para pedagang bisa kembali berjualan seperti biasa,”ungkap Wako.

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton kepada wartawan menyebutkan, pihaknya langsung  melakukan penyelidikan guna untuk memastikan apa pemicu kebakaran.”Kita masih melakukan  penyelidikan, dan kepada warga agar saat ini tidak dulu mendekati TKP,”ujar Kapolres.

Katanya lagi, dari kejadian ini korban jiwa dan luka-luka nihil, sedangkan untuk  kerugian materil hingga kini belum bisa ditafsir,”Kita masih mengambil keterangan korban dan  saksi-saksi,”ujar Kapolres.

Saat ditanya asal api, Kapolres didampingi Kasat Resktim AKP Primadona menyebutkan,  sementara  diketahui dari kios yang ditempati Hakim atai Brema.”Penyebab kebakaran hingga  kini masih dalam penyelidikan,”katanya.

Terlihat sekitar lokasi kebakaran sudah terpasang galis polisi, guna untuk mempermudah polisi melakukan olah TKP. Pada Senin (18/6/2024) pagi hingga sore sebagian pemilik warung  berada di  sekitar lapak mereka untuk melihat kondisi lapak  mereka yang hangus  terbakar.(rio)

Data Korban/Pemilik Kios Buah

1. Hakim/Brema
2. Bobby
3. Jariah
4. Apis/Ratna
5. Faisal
6. Lili
7. Mak Rizki
8. Barus
9. Muna
10.Mak Pella/Simbolon
11. Putra
12. Rahmad/Ucok
13. Doni