Hadapi MTQ Riau XLII, Tuan Rumah Kota Dumai Utus 65 Qori dan Qoriah

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Riau XLII bakal di gelar di Kota Dumai tanggal 21 hingga 28 April 2024. Sebagai tuan rumah, kota Dumai melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), tengah menyiapkan 65 qori dan qoriah yang akan berkompetisi di 11 cabang.

“Sebagai tuan rumah, kita mempunyai tugas berat. Sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” kata Ketua Umum LPTQ Kota Dumai H Indra Gunawan melalui Ketua Harian, H. Hendra Usman, Selasa (02/04/2024).

Kongkowkuy

Sebagai tuan rumah, kata Hendra, Pemerintah Kota Dumai bersama Pemerintah Provinsi Riau saat ini tengah mempersiapkan seluruh tempat perlombaan, akomodasi, acara dan penunjang lainnya.

Untuk kafilah Kota Dumai yang akan diturunkan pada MTQ XLII, saat ini telah memasuki tahap pemusatan latihan. “Setelah seleksi, pada Januari dan Februari lalu langsung menjalani pemusatan sebanyak 2 kali sepekan,” kata Hendra.

Selama Ramadan, seluruh qori dan qoriah menjalani latihan secara mandiri. “Namun latihan itu tetap mendapatkan pengawasan dan bimbingan dari palatih yang telah ditunjuk,” lanjut Hendra.

Setelah hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah nanti, seluruh qori dan qoriah akan menjalani pemusatan latihan intensif dari tanggal 14 hingga 19 April 2024.

“Kami rencanakan di satu tempat untuk seluruh qori dan qoriah. Tujuannya agar mereka lebih konsentrasi dan memudahkan pengawasan dan evaluasi,” ujar Hendra yang saat ini menjabat Kadis DPM-PTSP Kota Dumai.

Tentang target prestasi, Hendra mengungkapkan akan berupaya memperbaiki peringkat yang telah di capai pada MTQ tahun 2023 di Rengat Kabupaten Indragiri Hulu.

“Sebagai gambaran, pada MTQ tahun 2022 di Bagan Siapi-api, Dumai berada di peringkat 12. Pada MTQ di Rengat Kabupaten Indragiri Hulu naik ke peringkat 5. Tentunya kita berharap dan berupaya bisa naik. Apalagi kita tuan rumah,’ kata Hendra.

Tentang cabang andalan, Hendra mengungkapkan ada pada cabang Hafidz atau hafalan. Terutama hafidz 1 juz. Cabang andalan lainnya adalah, barzanzi putra putri dan kaligrafi elektronik.

“Untuk seluruh cabang, kita menghadirkan pelatih dari Kota Dumai, dari provinsi Riau dan dari Sumatera Utara. Ini untuk upaya agar hasilnya maksimal,” tutup Hendra. (amb)