Tinjau Pembangunan Tanggul dan Pintu Air Jalan Anggur, ini Instruksi Wako Paisal kepada Dinas PU

DUMAI (DUMAIPOSNEWS.COM) – Wali Kota Dumai, H. Paisal menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Dumai untuk memaksimalkan program penanggulangan banjir akibat pasang tinggi air laut atau rob.

Instruksi itu disampaikan Paisal kepada jajaran Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Dumai yang mendampinginya saat meninjau pembangunan tanggul dan pintu air pengendali banjir di sisi Timur Jalan Anggur, Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Dumai Kota, Sabtu (16/03/2024).

Kongkowkuy

Saat tinjauan lapangan tersebut, wali kota didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Riau Satrya Alamsyah, Camat Dumai Kota Indra Safawi, Kabid Sumber Daya Air Wan Rieko Candra, Lurah Rimba Sekampung Roslaily serta beberapa tokoh masyarakat setempat.

Paisal mengungkapkan bahwa , dirinya sejak dilantik menjadi wali kota, langsung mengoptimalkan penanggulangan banjir yang dikemas dalam Khidmad Penanggulangan Banjir.

Diakui wali kota, program yang telah berjalan selama tiga tahun ini belum maksimal seperti yang ia inginkan dan masyarakat Kota Dumai harapkan. Namun dampak akibat luapan air laut ke daratan itu kini sudah berkurang jauh.

Contoh terdekat, saat banjir rob atau yang biasa disebut warga “pasang Keling” menerjang kota Dumai pada hari pertama Ramadan 1445 H atau Selasa (12/03/2024).

Jalan Sultan Syarif Qasim depan Telkom dan Bank BRI yang dulunya tergenang hingga 50 cm, hanya tergenang sekitar 20 cm. Waktu genangan pun jauh berkurang dari sekitar 8 jam menjadi 2 jam.

Beberapa titik juga saat ini sudah bebas dari genangan dengan program peninggian jalan dan pembangunan drainase. Seperti Jalan Cempedak, jalan Ombak dan lain-lain.

“Alhamdulillah, upaya ini terus kita maksimalkan dan memang ini perlu kerja keras kita semua,” ungkapnya.

Ia menghimbau kepada segenap masyarakat untuk tetap semangat khususnya dalam menjaga kebersihan.

Karena menurutnya, salah satu faktor sulitnya mengurangi waktu air tergenang akibat banjir rob yaitu sampah yang masih berserakan dan menyumbat aliran drainase yang telah di bangun.

“Mohon kepada segenap masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan. Kami juga telah menginstruksikan Dinas PU agar terus memaksimalkan pengerjaan di beberapa titik lokasi yang sering menjadi titik masuk banjir rob,” tuturnya.

Kepala Dinas PU Kota Dumai yang akrab disapa Rio menerangkan bahwa Pemko Dumai melalui Dinas PU komit dalam melakukan penanggulangan guna mengantisipasi pasang banjir rob.

“Alhamdulillah beberapa titik yang awalnya menjadi bulan-bulanan pasang rob sudah jauh berkurang, cuma memang masih ada beberapa titik lainya yang harus diperhatikan salah satunya di pintu air sisi timur Jalan Anggur ini,” sebutnya.

Lebih lanjut Rio menjelaskan, secara bertahap kawasan timur Jalan Anggur yang menjadi jalur pasang rob menuju Jalan Ombak sedang dalam pembenahan.

“Ini kita lakukan untuk meminimalisir banjir rob yang dikhawatirkan terjadi pada saat Idul Fitri nanti,” jelasnya.

Tahap awal, Dinas PU melalui Bidang SDA akan melakukan perataan tanah dan kemudian dilanjutkan dengan pemasangan tanggul geobag yang berfungsi untuk mengalihkan aliran air masuk ke pemukiman dan jalan.

“Ini kegiatan rutin, Inshaallah kami dari Dinas PU melalui bidang SDA siap langsung terjun ke lapangan untuk melakukan penanggulangan terhadap pasang rob,” pungkasnya. (amb)