Polres Dumai Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)-Bertempat di Halaman Mapolres Dumai, Jajaran Polres Dumai menggelar apel gelar pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning tahun 2023, Senin (4/9/2023) sekira pukul 08.00 WIB. Apel gelar pasukan diikuti oleh TNI, Polri, Dishub, Satpol PP dan Jasa Raharja.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton yang menyampaikan Apel Gelar Pasukan Operasis Zebra Lancang Kuning 2023 Polres Dumai dengan tema ” Kamseltibcar Lantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024.

 

Dalam amanat Kapolda Riau yang disampaikan Kapolres Dumai menyebutkan, Lalu lintas sebagai urat nadi kehidupan sangatlah penting dalam menunjang kehidupan suatu negara. Lalu lintas juga merupakan cerminan suatu negara.

Kongkowkuy

 

Kemudian dalam melaksanakan Operasi Kewilayahan Bidang Lalu Lintas Dengan Sandi Zebra Lancang Kuning 2023 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai dengan 17 September 2023 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda, dengan mengedepankank egiatan preemtif, Preventif dan didukung pola penegakan hukum lantas

“Secara elektronik, baik statis maupun mobile dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat,”ujar AKBP Dhovan Oktavianton.
Katanya lagi, sebelum memulai Operasi Zebra Lancang Kuning 2023, maka akan dilakukan Apel Gelar Pasukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Polda Riau dalam pelaksanaan kegiatan Ops Zebra Lancang Kuning 2023 dengan tujuan agar berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

“Perlu diketahui bersama bahwa data jumlah kecelakaan pada pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning Tahun 2022 adalah sebanyak 11 kejadian, mengalami penurunan sebanyak 11 kejadian atau sekitar 50 persen apabila dibandingkan dengan periode tang sebelumnya Tahun 2021 sebanyak 22 kejadian,”ungkapnya.

Jumlah korban Meninggal Dunia pada pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning Tahun 2022 adalah sebanyak 6 orang, mengalami penurunan sebanyak 2 orang atau sekitar 25 persen dibandingkan periode yang sebelumya di Tahun 2021 sebanyak 8 orang.

Untuk penindakan pelanggaran lalu lintas dengan jumlah tilang pada Operasi Zebra Lancang Kuning Tahun 2022 sebanyak 7.604 tindakan sedangkan tahun 2021 sebanyak 4.478 tindakan, mengalami peningkatan sebanyak 3.126 tindakan atau naik sekitar 70 persen. Untuk tindakan teguran naik sekitar 70 persen.
“Sebelum saya mengakhiri sambutan ini, saya akan menyampaikan penekanan dan arahan dalam pelakasanaan tugas, yaitu¬† Jaga kesehatan kita jiwa dan raga kita selalu dalam keadaan prima. Utamakan Keselamatan dalam setiap pergerakan dan kegiatan. Laksanakan tugas dengan penuh panggung jawab, tunjukkan bahwa saudara adalah Polantas profesional,”ujarnya.
Sambungnya lagi, dalam hal pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan agar melibatkan Pom TNI, kehadiran dan Keberadaan unsur Pom TNI adalah dalam rangka sekaligus akan dapat meminimalkan terjadinya hal yang tidak diinginkan, Kemudiana, kenali psikologis masyarakat, lakukan gakkum dengan memberikan edukasi dan penyadaran kepada masyarakat.
Melaksanakan gakkum persuasif, tarik simpatik masyarakat dengan ramah, empati, simpatik dan sopan. Hindari kegiatan kontra produktif yang dapat menurunkan citra Polri. Apel gelar pasukan dihadiri  Walikota Dumai H Paisal serta Forkopimda serta undangan lainya.(rio)