Kesehatan Hewan Qurban Mulai diPeriksa

Dumaiposnews.com,DUMAI – Tim yang dibentuk oleh Dinas Perternakan dan Pertanian Dumai, Selasa(14/08) kemarin mulai turun kelapangan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan Qurban dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha.

Kadis Peternakan dan Pertanian Hadiono mengatakan pemeriksaan yang dilakukan saat ini adalah ternak hidup.Jelang Idul Adha tim akan menjajal satu persatu penjual ternak seperti sapi dan kambing yang tersebar dikota Dumai.

Kongkowkuy

” Tim terdiri dari beberapa kelompok yang didalamnya terdapat dokter hewan,mereka akan turun ke lokasi penjual ternak untuk memeriksa .”

Dari pemeriksaan awal kata Hadiono belum ditemukan penyakit berbahaya. “Penyakit berbahaya itu seperti antrak yang bisa menular pada manusia. Alhamdulillah sampai saat ini belum ditemukan,” imbuhnya

Setiap ternak yang lulus uji kesehatan akan diberi tanda oleh tim .Hadiono menghimbau kepada warga yang memiliki ternak untuk segera memeriksakan ternaknya.

Untuk kebutuhan hewan kurban tahun ini, Hadiono menyatakan stok hewan cukup sebab kebutuhan sapi lokal kita akan dibantu dengan sapi dari luar daerah seperti Sumatra (dev)