Situs Budaya Siti Laut Terancam Abrasi

Dumaiposnews.com, DUMAI – Keberadaan Situs Budaya Makam Siti Laut Terancam Abrasi, posisi makam situs itu terletak di Sungai Dumai tepatnya di Jalan Teduh Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat. Setiap tahunnya sungai Dumai mengalami abrasi bahkan mencapai satu meter. Akibat abrasi tersebut situs budaya siti laut terancam ambruk ke Sungai Dumai.

Kondisi situs juga sangat memprihatinkan dibeberapa sudut makam sudah mulai retak dan berantakan dengan sampah. Memang tidak banyak catatan sejarah mengenai penjelasan siapa siti laut dan dari mana asal dirinya. Namun Pemerintah telah menetapkan makam siti laut itu sebagai salah satu situs budaya yang harus mendapat perhatian, akan tetapi kenyataannya tidak demikian.

Kongkowkuy

Menurut salah satu warga setempat, Ahmad Khadafi Ali mengatasi abrasi memang semakin dekat dibandingkan tahun lalu. ”Dulu masih jauh dari tepian sungai, namun lihat saat ini kondisi sudah hampir jatuh kedalam sungai,” ujarnya.

Warga Jalan Teduh ini berharap pemerintah bisa memberikan perhatian terhadap situs tersebut,agar tidak punah tenggelam ditelan sungai Dumai. ”Kalau tidak cepat diambil tindakan, saya yakin, situs ini hanya tinggal nama, tanpa ada bukti,” terangnya.

Hal seandainya juga disampaikan Atik (42) menyayangkan situs makan siti laut itu tidak mendapat perhatian dari pemerintah, dirinya khawatir jika itu tidak segera diambil tindakan situs tersebut hanya tinggal kenangan. ”Banyak situs di Dumai ini sepertinya tidak terawat dengan baik oleh pemerintah,” tambahnya.

Kabid Kebudayaaan Disdikbud Kota Dumai Nuzerwan mengatakan dibidangnya memang ada bidang purba kala, namun karena memang belum ada aturan sehingga pihaknya belum bisa bergerak. “Tapi di Dinas Pariwisata, situs yang ada masuk wisata religi,” tuturnya. (aga)