Plt Bupati Berharap PKS Mampu Serap Tenaga Kerja

BALAIJAYA (DUMAIPOSNEWS.COM) — Pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) PT Tian Tujuhpuluh Utama yang ditandai dengan peletakan batu pertama merupakan momentum penting bagi pembangunan PKS tersebut. Untuk itu, Plt Bupati Rokan Hilir (Rohil) Drs H Jamiluddin menghadiri acara tersebut, Sabtu (7/4) siang.
Pada acara yang digelar di KM 39 Kepenghuluan Pasir Putih, Kecamatan Balai Jaya itu, Plt Bupati berkesempatan meletakkan batu pertama pembangunan PKS tersebut. Diikuti ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Anggota DPRD provinsi Riau Siswaja Muljadi, wakil ketua DPRD Rohil Suyadi SP dan para anggota serta pemerintah kecamatan Balai Jaya.
Drs H Jamiludin pada kesempatan itu mengatakan bahwa dalam pembangunan PKS memerlukan proses yang panjang. Pada kesempatan itu pula Plt Bupati Rohil mengucapkan terimakasih kepada pemilik dan unsur manajemen PT Tian Tujuhpuluh Utama atas kepercayaannya berinvestasi dalam menanamkan modal di Kabupaten Rokan Hilir untuk pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit.
“Terimakasih kepada pak Napit atas kepercayaannya berinvestasi di Rohil ini. Atas nama Pemkab Rohil, kami sangat memberi aplause kepada beliau. Sebab dengan berdirinya PKS ini, akan membuka lapangan kerja baru, terutama untuk warga sekitar,” ungkap Jamiluddin.
Dengan diletakan batu pertama ini, lanjut Plt Bupati mengisi kekosongan Bupati Rohil, Suyatno yang maju mencalonkan sebagai calon wakil Gubernur Riau berpasangan dengan Andi Rachman itu, ia berharap semoga saja pembangunan PKS ini segera rampung dikerjakan.
“Kalau kata pak Desi tadi, 12 bulan selesai PKS ini selesai, kalau bisa 1 bulan langsung selesai,” ujar Jamiluddin berharap.
Sebelumnya, Direktur Utama PT Tian Tujuhpuluh Utama, Edison Napitupulu dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk kelancaran pembangunan ini diharapkan dukungan semua pihak, baik dari Pemerintah Daerah maupun masyarakat.
“Kalau semua pihak memberikan dukungannya, diperkirakan pembangunan pabrik ini akan siap dalam waktu yang di tentukan. Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit ini memerlukan waktu selama selama kurang lebih 1 tahun, Jika PKS sudah berjalan maka diperkirakan dapat memproduksi 30 ton per jam,” ucapnya.
Pantauan dilokasi, sebelum peletakan batu pertama oleh Plt Bupati, sebelumnya dilakukan peletakan batu pertama oleh keluarga besar Edison Napitupulu. Yang mana, jajaran Direksi PT Tian Tujuhpuluh Utama diisi oleh keluarga besar Napitupulu.
Selain petinggi Rohil, acara itu tampak dihadiri para pengusaha-pengusaha, pimpinan perusahaan, pimpinan perbankan, Camat Balai Jaya Samsuhir Spd, Camat Bagan Sinembah Raya Hadiono SH, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Vera Taurensa SS MH, Danramil 03/Bagan Sinembah Kapten Arh H Sitorus dan para undangan lainnya. (min)