Gelar Lomba Berpantun Melayu, IKPP Dinilai Turut Membudidayakan Kebudayaan Siak

PERAWANG (DUMAIPOSNEWS.COM) — Sekcam Tualang, Ricko SSTP membuka lomba berpantun yang digelar PT. IKPP melalui programnya CSR-nya yang berlangsung di Rumah Pintar Abdul Wahid Kelurahan Perawang Jalan Indah Kasih pada Rabu (28/2) kemarin. Perlombaan digelar antar peserta didik perwakilan SLTP dan SLTA se Kecamatan Tualang memperebut tropi dan uang peminaan jutaan rupiah yang disediakan pihak penyelenggara.

Ricko menyebut bahwa pihak Pemerintahan Kecamatan Tualang sangat memberikan apresiasi kepada pihak CSR PT IKPP yang telah menggelar lomba berpantun Melayu ini. Dirinya menilai kegiatan lomba berpantun Melayu ini bagian dari upaya perusahaan untuk turut memberdayakan kebudayaan masyarakat Kabupaten Siak dalam hal berpantun.

Kongkowkuy

“Perlu diketahui Pemkab Siak memang telah dan terus berupaya untuk mengembangkan kebudayaan masyarakatnya. Diantara yang sedang digalakan adalah Siak Bertanjak. Berpantun Melayu juga termasuk kebudayaan yang hingga saat ini terutama berpantun saat acara pernikahan dan kenduri,” sebut bapak yang sempat satu perode menjadi ajudan Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi.

Ditambahkan Ricko, berpantun oleh masyarakat Melayu merupakam cara yang bijak dalam menyampaikan pesan sesuatu kepada lawan bicara. Karena jika yang disampaikan adalah sanggahan atau kritik maka pihak yang disanggah atau dikritik tidak akan tersinggung atau marah.

“Itulah salah satu filosofi yang t├ękandung di dalam berucab dengan berpantun ini,” sebut Ricko.

Hendaknya para peserta lomba berpantun ini motivasinya tidak hanya juara tapi juga manfaatkan untuk menggali ilmu berpantun dari dewan hakim penilai.

Sementara itu Murseno dari CSR PT IKPP menyampaikan bahwa lomba ini merupakan kegiaan rutin yang digelar setiap tahunnya. Harapan kita bahwa pendidikan berpantun ini sudah dikenaalkan sedini mungkin kepada masyarakat terutama para pelajarnya.

Berhadir pada pembukaan acara lomna berpantun ini, Kapolsek Tualang diwakili Kanit Bimas, Syafrul, Koordinator Pendidikan Tualang diwakili, Suhaimi. (Rel)

 

Komentar