HUT Jaranan TCY ke 3 Berlangsung Semarak, Dihadiri Pujakesuma dan Jaranan Dumai

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)-Tepat tanggal 31 Mei 2023, Jaranan Turonggo Cempoko Yakso (TCY) yang bersanggar di Pelintung memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 3 tahun.

Acara yang berlangung semarak itu dilaksanakan di Guntung, Gang Mangga atau dikediamaan Bopo Suroto yang juga pimpinan TCY. Warga antusias hadir memadati lapangan tempat acara berlangsung.

Kongkowkuy

Acara bertambah semarak, kalau acara tersebut dihadiri dan didukung oleh Ketua DPD GM Pujakesuma Riau, Fuad Santoso dan pengurus Pujakesuma Kota Dumai serta Gudang Garam Merah.

Bahkan sebuah kehormatan, acara tersebut juga dihadiri pimpinan jaranan yang ada di Kota Dumai sepeti Pengurus TWB, TWP dan pimpinan kelompok jaranan lainya.

Acara yang diawali dengan potong tumpeng oleh pengurus dan disaksikan sejumlah pimpinan jaranan Kota Dumai kemudian dilanjutkan pemotongan kue ulang tahun oleh seorang pembarong TCY Dimas Maulana Wahid yang kebetulan perayaannya ulang tahunnya bersamaan.

Ketua TCY, Bambang mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Pujakesuma terutama Ketua GM Pujakesuma Riau, Fuad Santoso dan segenap pengurus Pujakesuma Kota Dumai yang selama ini banyak berkiprah dan membantu kesenian jawa ini untuk tetap eksis ditengah masyarakat.

“Alhamdulillah, berkat suport semua pihak seperti Pujakesuma, Gudang Garam Merah dan seluruh kumpulan jaranan Kota Dumai serta pencinta kesenian jaranan kepang ini, kami bisa hadir disini dalam menyemarakan pergelaran kesenian ditengah masyarakat,”ujar Bambang.

Katanya lagi, diusia yang ketiga TCY menyadari masih banyak kekurangan, masih harus banyak belajar kepada sesepuh serta mohon tunjuk ajarnya. Kehadiran TCY ketengah masyarakat bukan sekedar penampilan semata, akan tetapi merasa bertanggung jawab dalam melestarikan kesenian jawa ini ditengah masyarakat dan itu tentunya harus mendapat dukungan dari semua pihak.(rio)