29 WNA Bangladesh dan Rohingnya Dibawa ke Pekanbaru

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)-Sebanyak 29 Warga Negara Asing (WNA) asal Bangladesh dan Rohingnya yang diterima dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai beberapa waktu lalu dibawa Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru, Selasa (6/6) menggunakan tiga kendaraan roda empat.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Dumai, Rejeki Putra Ginting didampingi sejumlah staf mengungkapkan bahwa WNA ini hasil dari operasi laut yang dilaksanakan Lanal Dumai pada tanggal 13 Mei 2023 dan 3 Juni 2023 bertempat di Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai.

Kongkowkuy

“Karena yang terkait orang asing merupakan domain Imigrasi, makanya Lanal menyerahkan ke kita. Setelah kita buat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) serta berkoordinasi dengan Kanwil Menkumham serta UNHCR maka diputuskan mereka dibawa ke Pekanbaru,”kata Ginting.

Sebanyak 29 WNA tersebut terdiri dari 28 WNA asal pelimpahan kasus dari Lanal Dumai dan 1 orang berasal dari Polres. Dari jumlah itu terdapat dua orang anak anak dan 7 perempuan.

“Keberangkatan WNA ke Pekanbaru dengan pengawalan ketat petugas Imigrasi untuk memastikan tidak ada yang kabur selama dalam perjalanan,” tegas Ginting menambahkan.

Katanya lagi, dari 29 WNA itu sebanyak empat orang berkewarganegaraan Bangladesh dan selebihnya WNA Rohingnya.

Seluruh WNA ini diamankan petugas TNI dengan tujuan negara persinggahan Malaysia yang berangkat melalui jalur tak resmi. “Kita berharap semua pihak saling bekerjasama untuk mengatasi persoalan warga Rohingnya sehingga Dumai tak selalu dijadikan jalur penyelundupan orang ke luar negeri,”tuturnya lagi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Tim F1QR Lanal Dumai bersama tim gabungan intelmar Lantamal I berhasil mengamankan 10 orang PMI Ilegal dan 24 orang WNA.

24 orang WNA terdiri dari laki-laki 20 orang dan perempuan 4 orang berasal dari Bangladesh dan Rohingnya di pinggir pantai Pelintung Kota Dumai.

Kemudian mengamankan 4 orang WNA berkebangsaan Myanmar (Rohingnya) pada, Sabtu (03/06) pukul 15.30 WIB terdiri dari 1 orang WNI, 4 orang Asing Myanmar (Rohingya) di Pesisir Pantai Pelintung Kecamatan Medang kampai Kota Dumai.(men)