oleh

PLN Tampilkan Infrastruktur Pendukung Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

DUMAI DUMAIPOS NEWS.COM – Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sekaligus Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Jend (Purn) Dr. Moeldoko membuka pagelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS), 17 Mei 2023 di JIEXPO Kemayoran Jakarta. Pameran kendaraan listrik ini diharapkan mampu mendorong keinginan masyarakat untuk beralih dari kendaraan BBM ke kendaraan listrik.

Moeldoko mengatakan saat ini seluruh dunia bergerak melakukan transisi ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Semangat yang sama juga terlihat saat KTT ASEAN ke- 42 yang telah berlangsung di Labuan Bajo. Moeldoko menilai, semangat bersama negara ASEAN ini menjadi signal positif untuk Indonesia menjadi motor penggerak industri kendaraan listrik di kawasan.

Kongkowkuy

“Para pemimpin ASEAN sepakat dalam membangun sistem untuk berkembangnya _electric vehicle_ (EV) di seluruh negara ASEAN. Semua sepakat untuk membangun sistem bersama agar ASEAN bisa menjadi pusat pertumbuhan EV global,” kata Moeldoko.

Moeldoko menambahkan, Indonesia bersama negara ASEAN lain juga bersepakat untuk mengembangan industri baterai. Indonesia yang sudah lebih dulu melakukan trobosan terbuka untuk melakukan kolaborasi dalam hal penelitian dan juga pengembangan industri.

“Dua hal ini menunjukkan bahwa Indonesia menjadi faktor pengungkit akan perkembangan mobil listrik dunia. Ini luar biasa, kenapa demikian? Kesepakatan itu dilakukan pada saat Indonesia menjadi Ketua ASEAN Summit kemarin,” lanjutnya.

Moeldoko juga menekankan bahwa dengan beralih pada kendaraan listrik ini merupakan langkah dalam menjaga kepentingan dunia yang semakin bersih untuk keberlanjutan masa depan bangsa dan dunia.

“Untuk itu, saya berharap teman–teman, para pengusaha, fasilitator, pemegang kebijakan jangan ragu–ragu, bahwa EV adalah kendaraan masa depan,” pungkasnya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan PLN mendukung penuh pameran ini sebagai bukti nyata hadirnya BUMN untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“PLN akan terus mendukung segala program Pemerintah untuk percepatan ekosistem kendaraan listrik. Salah satunya dengan menghadirkan PLN Mobile sebagai one stop solution bagi pengguna kendaraan listrik,” ucap Darmawan.

Dirinya menambahkan, PLN juga memiliki skema kerja sama dengan berbagai pihak untuk membangun bisnis Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

“Dengan adanya skema _franchise_ ini, kami yakin SPKLU dan SPBKLU akan semakin tumbuh subur, bak jamur di musim hujan. Ini juga akan membuat orang semakin yakin untuk menggunakan kendaraan listrik untuk perjalanan jarak jauh,” kata Darmawan.

PLN terus berkomitmen untuk bersama-sama membangun sebuah ekosistem kendaraan listrik yang sangat kokoh, solid, produktif, dan berdaya saing.

“Peralihan ke kendaraan listrik ini akan membantu mengurangi penggunaan energi berbasis impor yang kotor dan mahal ke energi berbasis domestik yang bersih dan murah, sehingga diharapkan mengurangi impor BBM yang semakin meningkat dari tahun ke tahun,” jelas Darmawan.

Adapun PLN membuka _booth_ bagi para pengunjung PEVS yang ingin menjajal langsung sensasi menggunakan kendaraan listrik. PEVS merupakan pameran yang diselenggarakan oleh Periklindo dan Dyandra Promosindo yang akan berlangsung pada 17 hingga 21 Mei 2023 di JIEXPO Kemayoran Jakarta.(wan)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru