Dihadiri Fuad Santoso, Pagelaran Silaturahmi Jaranan Turonggo Cempoko Yakso Meriah

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)- Pagelaran silaturahmi jaranan Turonggo Cempoko Yakso (TCY) bersanggar di Pelintung menyambut bulan suci Ramadhan mendapat kunjungan istimewa dari Ketua KNPI Riau yang juga Pembina Pujakesuma, Fuad Santoso bersama romobongan pengurus Pujakesuma Kota Dumai, Jumat (17/3/2023) malam.

Acara yang berlangsung di Kelurahan Guntung, Kecamatan Medang Kampai tersebut mendapat antusias masyarakat. Terlihat masyarakat memadati lapangan untuk langsung menyaksikan pagelaran kesenian jawa tersebut.

Kongkowkuy

Beberapa tarian yang dipersembahkan Jarkep TCY diantaranya tarian lengger-lengger gadis-gadis belia nan cantik-cantik, kemudian disusul dengan tarian bocah ganong, lalu lanjutkan dengan tarian spektakuler para buto. Dan tidak kalah menarik juga, atraksi anak-anak pembarong yang berjumlah 10 orang, sehingga membuat suasana semakin meriah.

Para bopo atau gambu yang berjumlah 4 orang masing-masing Mbah Imam, Bopo Bobi, Bopo Rian, Bopo Mas Bro memimpin langsung jalannya tarian di tengah kalangan.

Bahkan yang menarik lagi, sebelum dimulai acara terlebih dahulu dilakukan pemotongan tumpeng ulang tahun dua pengurus Pujakesuma Dumai yakni Marta Sentosa dan Rizki dan penyuapan langsung dilakukan oleh Pimpinan TCY Bopo Suroto dengan lagu ulang tahun diiringi dengan musik gamelan, sehingga suasana malam itu penuh kegembiraan dan kekompakan, karena usai acara ditutup dengan makan bersama.

Ketua TCY, Bambang dalam sambutanya menyebutkan, acara yang dilaksanakan ini khusus untuk silaturahmi antara sesama pencinta kesenian jaranan kepang dan masyarakat pada umumnya.

“Acara ini bertema Silaturahmi Seng Guyub sesama pelaku kesenian Jarkep dan masyarakat, karena sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan, maka kami kumpulan Jarkep TCY sengaja menggelar acara ini dengan mengundang semua grup paguyuban jaranan kepang yang ada di Kota Dumai termasuk mengundang masyarakat, alhahamdulillah cukup antuasias,”ujar Rio sapaan akrab Bambang.

Diharapkan, dengan acara ini terjalin kekompakan dan silaturahmi yang baik sesama jarkep yang ada di Kota Dumai. ” Mari kita bersama melestarikan budaya kita ini ditengah masyarakat, “ungkap Bambang yang juga Ketua PWI Kota Dumai itu.

Sementara itu, Ketua KNPI Riau yang juga Pembina Pujakesuma, Fuad Santoso diberi kehormatan untuk memberikan sambutan. Katanya, sebagai putra-putri berdarah jawa, ini adalah tugas bersama untuk melestarikan kesenian jawa di tengah masyarakat melalui kesenian.

“Ini tanggung jawab kita bersama untuk terus melestarikan kebudayaan jawa melalui kesenian salah satunya adalah jaranan kepang. Sebagai ketua KNPI Riau dan juga Pembina Pujakesuma, tentunya saya sangat mengapresiasi adanya wadah seperti ini untuk anak-anak muda dalam melakukan kegiatan positif dan berkreasi, dan kami sangat mendukung penuh,. Sebab kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan kebudayaan ini,”ungkap pria berdarah jawa ini yang disambut tepuk tangan penonton.

Fuad Santoso siap merangkul semua pelaku kesenian jawa yang ada di Kota Dumai, dengan tujuan untuk memajukan kesenian ini ditengah masyarakat.(men)