oleh

Jangan Panik Saat Kartu Tersangkut di Mesin ATM, Ini Tips dari Kapolres Dumai

Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto.(bambang/dumaiposnews)

 

Kongkowkuy

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)-Kejahatan mengganjal kartu ATM di mesin ATM terjadi dimana saja di Indonesia, termasuk Kota Dumai adalah salah satu daerah sasaran pelaku kejahatan rersebut. Ini terbukti, setelah Polres Dumai berhasil menggulung dua pelaku kejahatan ini setelah menerima laporan dari masyarakat.

Tidak tanggung-tanggung dalam aksinya, kedua pelaku telah berhasil menggecarkan kejahatan ganjal ATM disejumlah daerah seperi di Pekanbaru, Bengkalis dan Kota Dumai.

Untuk menghadapi kejahatan ini, Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto memberikan tips kepada masyarakat. Apabila mengalami kejadian ini, warga yang merasa kartu ATM nya tersangkut di mesin ATM jangan langsung panik dan berusahalah menenangkan diri.

Bukan hanya itu, orang nomor satu di jajaran Polres Dumai itu juga menyampaikan saat mengalami kejadian seperti itu, warga diharapkan jangan mudah percaya kepada orang yang tiba-tiba datang menghampiri dengan menawarkan jasa dan mengaku sebagai petugas perbankan.

Jangan pernah memberikan nomor PIN kartu ATM kepada orang yang tidak dikenal.

Bahkan apabila menemukan nomor telpon di sekitar mesin ATM, diharapkan jangan cepat dipercaya. Salah satu jalan yang benar adalah, warga bisa langsung mendatangi kantor bank tersebut.

“Ingat kepada seluruh masyarakat apabila mengalami kartu ATM tersangkut di mesin ATM pastikan diri anda tidak panik tenangkan diri. Dan yang terpenting juga jangan cepat percaya dengan orang yang tidak kenal yang menawarkan jasa dan mengaku bisa membantu,”ungkap Nurhadi.

Dengan demikian, langkah-langkah ini paling tidak bisa membantu agar masyarakat tidak menjadi korban kejahatan ganjal ATM. Sasaran pelaku kejahatan ganjal ATM biasanya dilakukan pelaku di ATM yang biasanya sepi, untuk itu kepada masyarakat tetaplah selalu waspada.

Para aksi pelaku kejahatan yang berhasil diungkap Polres Dumai, kedua pelaku mengaku sengaja memasukan berupa kayu berukuran kecil sekitar 3 cm kedalam ruang yang biasa dimasukan kartu ATM.

Ini dilakukan agar warga yang hendak memasukan ATM untuk mengambil uang kartunya sangkut, dan kemudian mereka pelaku yang pura-pura antri hendak mengambil uang dan disini pelaku beraksi membuat korban terperdaya.

Kepada pelaku kejahatan, Kapolres Dumai menyampaikan tidak ada kejahatan yang sempurna, karena setiap kejahatan pasti meninggalkan jejak dan hanya menunggu waktu dalam pengungkapan kejahatan tersebut.

“Untuk itu, jangan coba-coba berbuat kejahatan karena akan ada jejak tertinggal,”tegas mantan Kapolres Rohil ini saat press rilis pengungkapan pelaku kejahatan ganjal ATM kemarin.

Kapolres berharap, kedepan tidak ada masyarakat Dumai yang menjadi korban kejahatan ini serta kejahatan-kejahatan lainya, bersama menciptakan Dumai yang aman dan kondusif.(rio)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru