oleh

Sekda Saksikan MoU PT. PERSI dan Ponpes Gontor 12, Penguatan Ekonomi Pesantren dan Ambil Keberkahan

SIAK (DUMAIPOSNEWS.COM) –  Sekretaris Daerah kabupaten Siak, Drs H. Arfan Usman MPd menyaksikan Penandatanganan Mou kerjasama antara Yayasan Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 12 bersama PT Permodalan Siak (PERSI) yang berlangsung di aula Pondok Modern Gontor, kecamatan Sungai Mandau, kabupaten Siak, Selasa,  (2/8).

“Hari ini saya mewakili Bupati Siak menyaksikan penandatangan perjanjian kerjasama, antara Yayasan Gontor 12 dengan PT Permodalan Siak. Sebenarnya rencana ini sudah lama di sampaikan pak bupati, namun karena waktu, maka hari ini kita mulai MoUnya ”ungkap Sekda Arfan.

MoU ini, merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap perkembangan dan kemajuan Pondok Pesantren. Terutama dalam mewujudkan kemandirian pondok pesantren sehingga kedepan memiliki penghasilan untuk KAS yayasan.

“Kerjasama ini juga bentuk mengajarkan kemandirian kepada para santri dalam menghasilkan dan meningkatkan pendapatan ekonomi dilingkungan Pondok Pesantren”kata dia.

Arfan berpesan kepada pengurus pondok, jadikan ponpes sebagai ruang yang menyenangkan bagi pertumbuhan anak-anak melewati masa-masa remajanya dan mempersiapkan mereka memasuki usia dewasa.

“Kita ingin ciptakan pesantren yang ramah anak, pondok pesantren harus mampu menciptakan lingkungan yang membuat anak nyaman,bbersih, betah, khusyu beribadah dan mereka senang belajar, bermani dan berintraksi. Sehingga kesan negative hilang.

“Saya pesan kepada santri patuhi apa yang sudah menjadikan aturan di pondok ini, taati apa yang sudah digariskan dalam aturan di pondok, tolong ikuti segala petuah guru kita. Apa pun didikan yang diberikan guru, terima lah dengan seikhlas hati” ucapnya.

Direktur PT.PERSI Muhammad Nasir dikesempatan tersebut mengatakan MoU ini tentang pengembangan perkebunan kelapa sawit yang akan ditanam disekitar pondok pesantren Modern Darussalam Gontor  12, Selain itu Dipondok Pesantren ini juga akan menyediakan pembibitan tanaman kelapa sawit.

“Penandatanganan MoU antara Yayasan dan Perluasan Wakaf Pondok Modern dan PT. Permodalan Siak (PT. PERSI). Nanti kita akan bagun kebun di lahan seluas 60 hektar, 55 hektar kita gunakan untuk tanam sawit, 5 hektar untuk pembibitan sawit”kata dia.

Saat dihubungi Kamis (4/8), menjelaskan MoU Antara PT. Permodalan Siak dengan Ponpes Gontor terkait dengan rencana kerjasama dalam pemanfaatan lahan yang tidak produktif atau belum dikelola milik Gontor yang berlokasi digontor kurang lebih 55 Hektar.

“Dengan dilakukan kerjasama ini hendaknya dapat membantu penguatan ekonomi keuangan ponpes Gontor. Sedangkan bagi Persi sebagai lembaga keuangan permodalan dapat memberikan penguatan permodalan  ponpes dan nantinya akan mendapatkan profit dari usaha yang akan di jalankan disamping keberkahan atas usaha ini,” jelas Nasir.

Selain itu dengan adanya MoU ini, lahan yang belum bermanfaatan milik gontor dpt dikelola untuk usaha2 produktif..

Penandatanganan MoU ini turut Dihadiri juga oleh Para Pengurus Inti Pondok Pesantren Gontor Pusat dan Kulliyatul Mua’allimin Al Islamiyah Al-Ustadz KH.Masyhudi Subari,MA dan Ketua YPPWMP Al-Ustad H.Ismail Abdullah Budi Prasetyo,S.Ag. (rel)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru