oleh

Petani Sawit Mulai Tersenyum, Harga Sawit Diatas 1000 Per Kg

DUMAI(DUMAIPOSNEWS) – Anjloknya harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kota Dumai, sempat membuat Petani sawit pusing, termasuk petani sawit di Kota Dumai.

Bahkan, turunnya harga sawit dibawah Rp1000 sangat dirasakan oleh kelompok swadaya termasuk untuk kelompok tani mitra pabrik kelapa sawit (PKS).

Kongkowkuy

Namun, saat ini petani sawit di kecamatan Sungai Sembilan sudah mulai sedikit tersenyum ‎pasalnya harga TBS Sawit sudah diatas Rp 1000.

Paisal Satu diantara ribuan petani Sawit swadaya di Sungai Sembilan, mengu‎ngkapkan, bahwa harga TBS di petani saat sudah diatas Rp1000

“Harga TBS sawit sekarang sudah diatas Rp1000 per Kg, yakni Rp1280, alhamdulillah lah bang udah sedikit membantu, ” katanya, Rabu (10/8)

Meskipun begitu, Dirinya masih berharap kepada pemerintah daerah, provinsi maupun pusat bisa hadir, untuk terus meningkatkan harga TBS, sampai diatas Rp2000.

Paisal mengaku, jika harga TBS sawit ‎sudah diatas Rp2000 tentunya akan lebih baik, pasalnya harga pupuk masih terbilang mahal.

Dirinya mengaku, bawa saat ini harga pupuk masih sangat tinggi, dimana satu karung pupuk non subsidi seberat 50 kg masih di‎ harga Rp500 ribu.

Tidak hanya Paisal, Bambang petani sawit di bukit Kapur merasa sedikit senang pasalnya harga TBS sawit sudah diatas Rp1200 per kg.

“Alhamdulillah lah bang sudah bisa sedikit senyum, karena hasil nya gak hanya untuk ongkos dodos sama langsir aja, karena kalau di bawah Rp1000 hasil dari kebun cuman habis untuk ongkos orang aja,” imbuhnya

Dirinya sangat berharap harga TBS bisa terus naik hingga Rp3000, jika ini bisa maka, kesejahteraan petani sawit bisa sangat baik.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan pangan dan pertanian (DKPP) Kota Dumai, Nurzerwan mengungkapkan mengaku ikut senang dengan mulai membaiknya harga TBS di kota Dumai.

“Walaupun belum sepenuhnya baik, namun harga TBS Sawit sudah diatas Rp1000, jadi kita akan terus berkoordinasi dengan pihak pemprov Riau agar harga TBS bisa diatas Rp2000 bahkan menyentuh Rp3000,” pungkasnya. (wan)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru