Kolaborasi BPJAMSOSTEK Dumai dengan BRI, Bayar Iuran Sudah Bisa Lewat Brilink

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)-BPJS Ketenagakerjaan Kota Dumai menggelar pertemuan dengan seluruh agen BRI Link Dumai dalam rangka Optimalisasi Kolaborasi sistem  Keagenan  BRI Link dalam Pendaftaran dan Pembayaran Iuran BPJAMSOSTEK.
Pertemuan itu sekaligus Sosialisasi Program BPJAMSOSTEK dan penyerahan Kartu Peserta  secara simbolis bagi Agen BRI Link yang  sudah mendaftar.
Penyerahan kartu dilakukan Kepala BPJAMSOSTEK Dumai Erwin Umaiyah didampingi  Esa Rafika
 CBM ( Consumer Branch Manager ) Bank BRI pada Selasa(02/07/2022) diHotel The Zuri Dumai
Kepala BPJAMSOSTEK Dumai Erwin Umaiyah mengatakan penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dengan stakeholders yaitu Engangement Relationship dengan stakeholder, dalam hal ini Bank BRI dan Agen BRIlink dikota Dumai.
Lebih dari itu, untuk menjalin kerjasama dengan Bank BRI dan Agen BRIlink Dumai , sekaligus sebagai media sosialisasi  program BPJS Ketenagakerjaan, sehingga berdampak pada peningkatan perluasan kepesertaan dari sektor bukan penerima upah (BPU).
“Kami ingin sinergitas penuh dari Bank BRI dan Agen BRIlink kepada BPJS Ketenagakerjaan Dumai  dalam peningkatan coverage pekerja di Dumai  untuk mendaftar pada program BPJS Ketenagakerjaan sesuai jumlah agen BRIlink yang mengikuti kegiatan.” Ungkap Erwin
Dijelaskannya sistem Jaminan Sosial Nasional yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 pada dasarnya merupakan program Negara yang bertujuan memberi kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial mengamanahkan BPJS Ketenagakerjaan untuk menyelenggarakan perlindungan jaminan sosial bagi seluruh pekerja Indonesia, baik untuk pekerja sektor penerima upah, bukan penerima upah, pekerja migran dan jasa konstruksi.
Perlindungan dimaksud merupakan bentuk kehadiran Negara yang menjamin kemartabatan dan kemandirian pekerja ketika mengalami risiko sosial ekonomi seperti kecelakaan kerja, kematian, hari tua, pensiun dan kehilangan pekerjaan.
“Untuk menjamin kepastian perlindungan jaminan sosial itu benar-benar terwujud, BPJS Ketenagakerjaan Dumai  terus berupaya aktif meningkatkan kesadaran masyarakat dengan berbagai inisiatif strategis yang dijalankan sendiri maupun yang berkolaborasi dengan stakeholders terkait,” lanjut  Erwin
Ujung tujuan kegiatan ini agar cakupan kepesertaan terus tumbuh khususnya di segmen yang sulit dijangkau termasuk pekerja sektor BPU. Dan itu telah diawali dengan pendaftaran sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan oleh Agen BRIlink  Dumai.
Hampir seluruh Agen BRIlink yang hadir di kegiatan Optimalisasi langsung daftar sebagai peserta BPU BPJS Ketenagakerjaan minimal dua program, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).
Untuk diketahui BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) terus berinovasi untuk menghadirkan layanan yang lebih dekat dengan para pekerja. Kali ini Agen BRILink yang dioptimalkan sebagai salah satu kanal pembayaran iuran BPJAMSOSTEK.
Pembayaran iuran melalui agen BRILink sangat mudah, untuk peserta Bukan Penerima Upah (BPU) cukup datang ke warung atau outlet Agen BRILink terdekat dengan menunjukkan KTP atau kartu peserta dan membayar sesuai dengan nominal iuran yang tertera.
Selain itu agen BRILink juga melayani pembayaran iuran untuk pekerja Penerima Upah (PU). Caranyapun hampir sama, peserta atau pengurus perusahaan cukup membawa kode iuran yang telah didapatkan dan membayar sesuai tagihan.(rio)