oleh

Implementasikan Program RTW, BPJAMSOSTEK Dumai  Lakukan Pendampingan di RSUD

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)– Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK )  Kota Dumai melakukan pendampingan peserta Return To Work (RTW) kepada salah satu peserta  dari perusahaan Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (KOP-TKBM)  Pelabuhan Dumai  di Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Kota Dumai.
Hal tersebut dilaksanakan sebagai implementasi manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), memastikan tenaga kerja dapat berkarya kembali.
Disamping Pendampingan RTW, pihak  BPJAMSOSTEK   juga menyapa tim Garda terdepan Rumah Sakit PLKK BPJAMSOSTEK di RSUD Dumai sekaligus bersilaturahmi dengan  Direktur RSUD dalam hal ini diwakilkan  dr Feriyanto  Sp. An, Kamis (04/07/2022)
Kepala BPJAMSOSTEK Dumai Erwin Umaiyah  menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi atas komitmen badan usaha dan RSUD  dalam mendukung program RTW (Return To Work).Hal ini sebagai bentuk untuk menciptakan awareness serta eksistensi program RTW kepada masyarakat pekerja khususnya.
Katanya RTW adalah perluasan manfaat program JKK yang digagas BPJAMSOSTEK  yang diwujudkan dalam bentuk pendampingan bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja yang berakibat menjadi disabilitas sementara atau permanen.
 RTW ini dilakukan tanpa biaya apapun, semua biaya ditanggung BPJAMSOSTEK mulai dari pengobatan, perawatan, hingga prothesa sampai peserta bisa kembali bekerja.
“Jadi, bagi tenaga kerja yang mengalami JKK yang menyebabkan disabilitas bukanlah akhir dari segalanya,” ujar Erwin saat melakukan Kunjungan di RSUD  Dumai
Erwin  menjelaskan, kecelakaan kerja bisa menyebabkan tenaga kerja sembuh tanpa cacat, sembuh dengan cacat fungsi, sembuh cacat total atau mengalami resiko meninggal dunia.
“Inilah yang menjadi fungsi atau manfat program saat ini bisa dinikmati oleh tenaga kerja pada saat tenaga kerja mengalami kecelakaan kerja. Maka peran kita sebagai case manager melakukan pendampingan kepada  tenaga kerja, atas perawatannya yang dilakukan oleh dokter/tim medis di PLKK ( Pusat Layanan Kecelakaan Kerja) BPJAMSOSTEK,” ucap nya
Pendampingan ini juga untuk membangun psikis (mental). Percaya diri sebelum kembali bekerja penting dilakukan. Dengan demikian, para pekerja yang menjadi disabilitas karena kecelakaan kerja tetap bersemangat dan bekerja dengan optimal, Tukasnya
Untuk diketahui tercatat total pembayaran biaya pengobatan/perawatan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja di RSUD Kota Dumai periode Tahun 2021 sd 31 Juli 2022 mencapai  Rp. 1.235.768.813 dengan jumlah 340 kasus.(rio)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru