Dishub Diminta Tindak Pengusaha Cangkang, Berserakan dan Membahayakan

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)- Cangkang sawit yang akan dimuat ke kapal dari Bukit Kapur ke pelabuhan PT Pelabuhan I Dumai berserakan di badan jalan nasional mulai Jalan Soekarno Hatta hingga Jalan Putri Tujuh mengganggu penguna jalan. Bahkan mereka harus ekstra hati hati karena takut tergelincir.

Aktivitas pemuatan cangkang ke kapal yang sudah berlangsung beberapa hari lalu membuat jalan nasional menjadi kotor sebab banyak ditemukan cangkang di badan jalan. Kondisi ini bukan hanya baru kali ini, tetapi setiap pemuatan cangkang ke kapal selalu ditemukan ceceran cangkang namun setakat ini belum ada tindakan dari Dinas Perhubungan Kota Dumai.

Kongkowkuy

Bahkan di lapangan terlihat truk pengangkut cangkang over load sehingga walaupun ditutup terpal tetap saja ada yang berjatuhan di badan jalan. “Kami minta Dinas Perhubungan Kota Dumai bersama Satlantas Polres Dumai menindak pengusaha yang tak peduli dengan keselamatan masyarakat dan kebersihan kota,”tutur Prapto warga Jayamukti.

Hal senada diungkapan Kaminudin warga Air Bersih mengaku terganggu dengan kondisi cangkang berserakan tersebut. “Tentunya untuk memberikan kenyamanan harus segera dibersihkan terutama pihak yang terkait dalam melakukan proses pengangkutan cangkang sawit tersebut. Personil yang dikerahkan harus sehimbang dengan panjang lintasan mobil tersebut.,”kata dia.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai ketika dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan (Pengkes) Dishub Dumai Okto Permadi mengungkapkan sudah beberapa kali menindak para pengusaha angkutan untuk selalu memperhatikan kebersihan ketika melakukan pengapalan cangkang.

Namun dilapangan masih saja ditemukan cangkang berserakan.”Seharusnya ketika tahu ada serakan cangkang langsung mereka bersihkan sehingga tidak mengancam keselamatan pengguna kendaraan.

“Saya sudah panggil pemilik angkutan agar segera melakukan pembersihan,”kata Okto.
Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria ketika dikonfirmasi terkait angkutan cangkang yang over load mengungkapkan akan berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Kota Dumai dan Dinas Lingkungan Hidup untuk penertiban truk cangkang yang tumpah.

Sementara pengusaha angkutan yang ditemui dilapangan mengungkapkan, temuan cangkang yang berserakan di jalan itu bukan berasal dari angkutannya.

Sebab pada pengapalan cangkang kali ini ada beberapa perusahaan yang melakukan aktivitas yang sama. Namun dipastikan bukan dari angkutan miliknya.”Kami hanya kena getahnya, mobil angkutan lain yang bocor baknya sehingga cangkang berserakan tapi kami yang kena dampaknya untuk melakukan pembersihan,”tuturnya sambil menunjuk beberapa unit mobil pengangkut cangkang dari perusahaan lain.

Kalaupun ada serakan cangkang di badan jalan dari angkutannya, jumlahnya tidak sebanyak ini.(wan)