oleh

Bupati Alfedri Buka POSPEDA Se-Kabupaten Siak 2022

SIAK (DUMAIPOSNEWS.COM) – Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Daerah (POSPEDA) ke IX, secara resmi dibuka oleh Bupati Siak Alfedri, dan di ikuti oleh 45 pondok pesantren se-Kabupaten Siak, kegiatan ini dipusatkan di gedung olahraga (GOR) Kecamatan Tualang, Minggu (7/8).

“Semoga melalui kegiatan ini dapat mengasah kemampuan santri pada bidang Seni dan Olahraga, agar bisa menjadikan santri-santri kreatif, sportif, unggul, komparatif dan kompetitif”, Ucap Alfedri.

Kami atas nama pemerintah kabupaten siak mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih Ketua Forum Pondok Pesantren dan Panitia yang telah menyiapkan acara ini dengan baik, dan semoga acara ini berjalan sesuai yang kita harapkan, sukses dan lancar.

Alfedri menambahkan, Minat orang tua di Kabupaten Siak ini sangat tinggi menyekolahkan anak-anak mereka ke pondok pesantren sangat luar biasa. Namun saat ini kendala yang dihadapi oleh Pondok Pesantren adalah terbatas oleh sarana dan prasarana, kekurangan lokal dan asrama.  Anggaran APBD Kabupaten Siak saat ini sangat terbatas dan tidak seperti anggaran tahun 2016 yang mencapai 3,2 Triliyun.

“Untuk kedepannya Pemerintah Kabupaten Siak akan mengakselerasi penerbitan Peraturan Bupati sebagai tindak lanjut dan amanah dari peraturan daerah tentang lembaga pendidikan berbasis Agama Pondok Pesantren sehingga Perbup ini bisa menjadi acuan dan pedoman dalam penyelenggaraan dan didukung juga dengan alokasi penganggarannya”, Ungkap Bupati Siak.

Diharapkan kedepannya Pesantren di Kabupaten Siak bisa mandiri beraktifitas, baik dalam pembinaan pendidikan dan pengembangan Mutu pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren, tentu dapat mendorong Ekonomi Pesantren dimasa yang akan datang dengan menghadirkan UMKM dipondok-pondok Pesantren.

KHairul akhyar berujar bahwa Kegiatan Pospeda ini sangatlah membantu pihak pesantren untuk termotivasi guna mempersiapkan santri-santri/watinya untuk berlatih sesuai cabang-cabang yang dipertandingkan.

“Kita bersyukur dengan adanya kegiatan ini karena memotivasi santri untuk terus kreatif dan aktif berlatih karena jika mereka berprestasi tentu akan sampai ke tingkat nasional,” sevutnya. (Rel)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru