Tim Satgas Gencarkan Pencegahan PMK pada Sapi

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak berkuku genap atau belah seperti sapi, kerbau, Domba, Kambing dan lainnya, hingga Jumat (15/7) tak ditemui di Kota Dumai.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai, Nurzerwan melalui, kasi kesehatan hewan, drh Rizqi Mubarok memastikan bahwa hewan ternak berkuku genap atau belah di kota Dumai, hingga saat ini masih aman dari PMK.

Kongkowkuy

Ia mengungkapkan bahwa hingga saat ini Tim Satgas PMK terus mengawasi hewan ternak, serta memperketat terhadap lalu lintas keluar masuk hewan berkuku genap atau belah yang sangat rentan terhadap penyakit PMK.

“Apalagi Provinsi Riau sudah menetapkan status Darurat, jadi kita mengikut Provinsi Riau, karena 6 kabupaten kota sudah terjadi penyebaran atau wabah PMK, meskipun Dumai, tidak ditemukan PMK,” katanya akhir pekan lalu.

Dirinya menegaskan, hingga saat ini Pemerintah Kota Dumai, tidak menemukan penyebaran PMK terhadap hewan ternak berkuku dua seperti sapi, kerbau, kambing dan hewan lainnya di Kota Dumai.

“berdasarkan hasil laporan tenaga kesehatan yang turun ke lapangan untuk memonitoring hewan ternak yang ada di Kota Dumai, tidak ditemukan hewan ternak berkuku genap atau belah yang bergejala klinis penyakit PMK,” sebutnya.

Rizqi menerangkan, langkah pencegahan yang pihaknya lakukan yakni gencar melakukan penyemprotan disinfektan di kandang kandang hewan ternak, sekaligus melakukan monitoring kesehatan hewan.

Bukan hanya itu saja, tambahnya, Tim satgas PMK Dumai, juga gencar melakukan pengambilan sampel untuk memastikan bahwa hewan ternak berkuku belah aman dari PMK, dan jika ditemukan bisa segera diambil langkah cepat dan akurat, agar penyebaran tidak terjadi.

Ia menghimbau kepada peternak agar selalu waspada dan cepat tanggap terhadap hewan ternaknya, apabila ada gejala mencurigakan terhadap hewat ternak segera laporkan kepada Dokter hewan, atau Dinas terkait. (wan)