Waspada, Nama Wabup Bengkalis Dicatut Penipu Via WA

BENGKALIS(DUMAIPOSNEWS.COM) – Ada-ada saja cara penipu untuk menjerat calon mangsa. Berbagai cara mereka lakukan agar taktik tipuannya berhasil, tak perduli siapa calon yang ditipu dan atas nama siapa dirinya melakukan penipuan.

Jika sebelumnya nama Buoati Kasmarni pernah mereka gunakan, kali ini, nama Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso yang mereka “jual” untuk melakukan penipuan. Nama H Bagus Santoso, dicatut dalam sebuah nomor WhatsApp (WA) dengan dalih ingin membagi donasi kepada salah satu yayasan.

Kongkowkuy

Aksi penipuan ini mengungkapkan nomor 081334073013 dengan yang mencantumkan foto Wabup Bengkalis H Bagus Santoso menggunakan Pakaian Dinas Upacara (PDU) berwarna putih.

“Kita himbauan kepada seluruh lapisan masyarakat, pengurus lembaga atau yayasan agar lebih waspada dan tidak mudah percaya. Kali ini nama kami dicatut dengan menghubungi salah seorang dengan maksud memberikan donasi,” ujar Wabup Bengkalis, H Bagus Santoso.

Agar jumlah korban aksi penipuan ini tidak terus bertambah, kepada masyarakat, pengurus yayasan atau lembaga atau rumah ibadah untuk segera cek and ricek dan tidak mudah percaya.

Dapat diinformasikan, bahwa WA mengatasnamakan H Bagus Santoso menghubungi salah seorang warga dengan mengatakan Pondok Qur’an Uwais al-Qarni Bengkalis masuk dalam daftar penerima donasi.

Kemudian meminta nomor rekening karena untuk mengelabui korban bahwa donasi hanya disalurkan via transfer.

Upaya ini tentu bermuara pada meminta korban agar mengirimkan sejumlah uang terlebih dahulu guna kelancaran donasi yang dijanjikan dapat ditransfer. Beruntung, aksi penipuan ini disadari korban sehingga tidak menimbulkan kerugian secara materi.

“Melalui media apapun, baik wa, fb atau lain sebagainya, kita ingatkan lagi kepada masyarakat agar jangan gampang percaya jika ada mengatasnamakan kami atau pejabat lain,” pungkas Bagus Santoso. (auf)