oleh

Keberadaan Pokja Posyandu Sangat Penting, Dinkes Sosialisasi dan Demo MP- ASI

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Merujuk kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 54 tahun 2007 tentang pedoman pembentukan kelompok kerja pembinaan pos pelayanan terpadu, perlu dibentuk kelompok kerja posyandu, ditingkat kecamatan dikenal dengan istilah Pokjanal Posyandu dan tingkat kelurahan dikenal dengan nama Pokja Posyandu.

Pokja Posyandu yaitu kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam penyelenggaraan pembinaan pengelolaan posyandu.

Hal ini disampaikan Ketua TP PKK Kota Dumai Hj Leni Ramaini dikegiatan Sosialisasi Pokja Posyandu Dan Demo MP- ASi di Kelurahan Bintan, Sabtu (25/6) yang ditaja PKK Kota bersama Dinas Kesehatan Kota Dumai melalui Bidang Kesmas.

” Keberadaan Pokja Posyandu ini penting dengan harapan kinerja aktif pokja akan menumbuh kembali semangat posyandu seperti dulu,” kata Leni.

Kegiatan di Posyandu ini, tambah Leni sangat lengkap yang memiliki kegiatan utama mencakup pelayanan KIA, pelayanan KB, Imunisasi Gizi, penanggulangan dan pencegahan diare serta kegiatan lainnya yang terintegrasi meliputi pelayanan kesehatan dan gizi, pendidikan, pengembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial.

Leni berharap setelah kegiatan ini segera dibentuk pokja posyandu agar ikut serta mengambil peran dalam membantu mengatasi masalah kesehatan dan kesejahteraan keluarga sehingga mewujudkan penurunan angka kematian ibu dan penurunan kasus wasting dan stunting di Kota Dumai.

Sosialisasi tentang Pokja Posyandu disampaikan secara langsung oleh Kabid Kesmas, Shintia Riza.

Dalam acara ini juga diperagakan langsung kepada warga yang hadir khususnya ibu hamil dan menyusui serta balita seputar menu empat bintang adalah MP-ASI yang terdiri dari empat jenis nutrisi yakni karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayuran sesuai dengan takaran usia nya dan sesuai ekonomi agar anak tetap dapat memiliki gizi dan pertumbuhan serta perkembangan yang cukup agar tidak terjadi nya stunting.

Kegiatan ini dihadiri Martalena selaku Sub Koordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Lurah Bintan, Joko Susilo beserta staff, PKK Kecamatan, PKK Kelurahan, Kader Posyandu, LPMK serta undangan lainnya.(rka)

 

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru