oleh

MTQ Kota Dumai Digelar, Paisal: Bangun Generasi Qur’ani Menuju Dumai Idaman

Walikota Dumai H Paisal usai melantik Dewan Hakim.(ist/dumaiposnews)

 

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS secara resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XVIII Tingkat Kota Dumai Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi, Jumat (13/05/2022) malam.

Peresmian ditandai dengan pemukulan gong oleh Wali Kota Dumai bersama Jajaran Forkopimda Kota Dumai, Sekretaris Daerah Kota Dumai, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai, Ketua LAM Riau Kota Dumai, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Dumai, Ketua Harian LPTQ, dan Ketua Pelaksana MTQ Ke XVIII.

Adapun tema pelaksanaan MTQ ke XVIII Tingkat Kota Dumai Tahun ini adalah “Musabaqah Tilawatil Qur’an membangun Generasi Qur’ani Menuju Dumai Idaman”.

Dalam sambutannya, Wali Kota Dumai mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ malam ini merupakan rangkaian pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an yang selama ini telah dilaksanakan mulai dari tingkat RT, Kelurahan, hingga Kecamatan.

Menurutnya, MTQ telah menjadi suatu agenda keagamaan yang tumbuh subur ditengah-tengah masyarakat. “Walai demikian, kita tetap tidak menghendaki bahwa kegiatan Musabaqah tersebut hanya merupakan ajang seremonial belaka,” ucap orang nomor 1 di Dumai.

Sesuai dengan tema yang telah disusun, baginya MTQ ke XVIII Tahun 2022 adalah salah satu usaha dalam memelihara dan meningkatkan mutu seni baca Al Qur’an qori dan qori’ah Dumai guna terwujudnya generasi yang Qur’ani di Kota Dumai.

“Dalam 5 sampai 10 tahun kedepan, kita berazam bahwa generasi Muda Kota Dumai semakin dekat dengan Kitabullah. Saya yakin bila Al Qur’an telah menjadi bacaan rutin kita semua setiap hari tanpa putus, Insyaallah Dumai Kota Idaman akan segera terwujud,” tutur Paisal.

Disisi lain, Ketua Pelaksana MTQ ke XVIII, Yusrizal, S.Sos, M.Si menyampaikan pada MTQ kali ini menyelenggarakan berbagai cabang perlombaan kepada seluruh hadirin tamu undangan.

“Untuk Cabang Tartil, diikuti oleh 15 orang peserta, Cabang Tilawah yang terdiri dari Tilawah Anak Anak diikuti 14 peserta, Tilawah Remaja diikuti 16 peserta, dan Tilawah Dewasa diikuti 16 peserta,” ungkapnya.

Lanjutnya, pada Cabang Qira’ah yang terdiri dari Qira’ah Murottal Remaja diikuti 13 peserta, Qira’ah Murottal Dewasa diikuti 11 peserta, dan Qira’ah Mujawwab Dewasa diikuti 11 peserta.

Tak hanya itu, untuk Cabang Tahfiz yang memperlombakan 1 Juz dan Tilawah diikuti 11 peserta, dan 5 Juz dan Tilawah diikuti oleh 8 peserta.

“Kemudian juga ada cabang Fahmil Qur’an Beregu diikuti oleh 9 regu, cabang Syarhil Qur’an Beregu diikuti oleh 10 regu, cabang Kaligrafi diikuti 24 peserta, dan cabang Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an diikuti oleh 8 peserta,” tuturnya.

Kesemua cabang ini, tambahnya, diselenggarakan di 3 venue berbeda, yaitu di Masjid Nurul Bahri, Jalan M. Husni Thamrin (venue utama), SMP N 4 Dumai Jalan Teduh, dan SDN 019 Dumai Jalan Paus.

“Terkait waktu pelaksanaan MTQ Ke XVIII Tingkat Kota Dumai dimulai tanggal 13 Mei 2022 dan Insyaallah akan berakhir pada tanggal 16 Mei 2022,” pungkasnya.

Sebelumnya, Acara yang dipandu oleh Randha dan Halima Salim ini diwarnai dengan Parade Deville Kafilah MTQ utusan seluruh kecamatan se Kota Dumai dan LPTQ Dumai.(rio)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru